Sisir Hingga Batas Kota, Patroli Sepeda Ala Kapolres Belu Efektif Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Sisir Hingga Batas Kota, Patroli Sepeda Ala Kapolres Belu Efektif Wujudkan Kamtibmas Kondusif

Dalam rangka menjaga kebugaran tubuh sekaligus memantau situasi kamtibmas, Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, bersama Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie serta pejabat utama, kembali menggelar patroli bersepeda mengitari kota Atambua, rabu (21/10/2020).

Berangkat dari Mako sekitar pukul 07.45 WITA, Kapolres Belu dan rombongan bergerak menyisir wilayah pasar lama, pasar baru, simpang toko pelita lurus menuju kantor pengadilan negeri Atambua, Lapas Klas II B dan kantor kejaksaan negeri Atambua.

Kapolres Belu dan rombongan terus bergerak lurus menuju wilayah Motabuik dan kawasan hutan jati, jalur dua Nenuk, batas kota Atambua.

Balik dari batas kota, Kapolres Belu dan rombongan menyempatkan diri meninjau polsubsektor Nenuk dan bersilaturahmi ke Markas Koramil 1605-01 Kota Atambua.

Selepas silaturahmi, Kapolres Belu dan rombongan kembali mengayuh sepeda menuju kota dan menyisir wilayah pasar baru serta obyek vital dalam kota.

Sama seperti sebelumnya, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh mengatakan, patroli sepeda ini bertujuan meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, sembari pesan kamtibmas.

Patroli ini juga lanjut Kapolres Belu, sebagai bagian dari operasi yustisi dalam membangun kesadaran masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan serta menekan resiko penyebaran Covid-19 di wilayah kota Atambua khususnya, di tengah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

”Tentunya kegiatan patroli seperti ini Kita lakukan setiap hari baik pagi, siang dan malam. Khusus bersepeda, Saya jadwalkan setiap rabu pagi. Selain menjaga kebugaran tubuh, Kita juga dapat leluasa langsung menyapa warga yang ditemui di jalan sehingga menjadikan Polri lebih dekat dengan masyarakat,”kata Kapolres Belu.

"Kita juga lebih detail mengawasi, dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilewati. Tadi juga Kita ajak masyarakat supaya kemana-mana mesti pakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan jauhi kerumunan. Kalau ini ditaati maka perhelatan pesta demokrasi di Belu akan aman dari covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Perwira Dua melati yang hoby dengan olahraga badminton ini mengungkapkan, dengan semakin banyak petugas berpatroli dan hadir di tengah masyarakat, dengan sendirinya akan menciptakan rasa aman dan nyaman.

"Masyarakat juga dengan mudah melaporkan kepada petugas, jika menjumpai hal-hal yang mencurigakan. Ini (Patroli Sepeda) akan rutin Kita giatkan, tidak saja Kapolres dan pejabat utama, tapi juga dilakukan anggota Samapta yang merupakan bagian dari tugas pokoknya"tutup Kapolres Belu.

Patroli sepeda yang rutin di laksanakan setiap hari rabu ini juga diikuti Kabag Sumda, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, Kasat Reskrim, AKP Wira Satya Yudha, S.I.K, Kasat Samapta, IPTU I Ketut Setiasa, SH, Kasat Tahti, IPTU Muardi, KBO Samapta, IPDA Asep Ruspendi, Kasi Propam, IPDA Taufan Ardiansyah, SH, Kasiwas, IPDA Ilmudin, Kanit PPA Sat Reskrim, IPDA Anggraeni Angelia Isabela, S.Tr.K dan Baur SIM, AIPTU Sahlim.