Pimpin Polres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto Minta Dukungan Seluruh Anggota dalam Pelaksanaan Tugas

Pimpin Polres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto Minta Dukungan Seluruh Anggota dalam Pelaksanaan Tugas

Berkaitan dengan alih tugas Kapolres Belu dari AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si, kepada AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, Kepolisian Resor Belu melaksanakan serangkaian kegiatan yang salah satunya adalah laporan Kesatuan oleh pejabat lama kepada pejabat baru.

Laporan kesatuan yang digelar sabtu (11/9/2021) di aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu, dimulai dengan perkenalan seluruh Pejabat Polres Belu mulai Wakapolres, KOMPOL Fajar Virgantara Sjarifuddin, S.I.K, para Kabag, Kasat, Perwira staf, serta para Kapolsek jajaran.

Pejabat lama AKBP Khairul Saleh dalam laporan kesatuannya, memaparkan secara garis besar Situasi Kamtibmas Polres Belu selama 2021, situasi kesatuan, situasi perbatasan RI-RDTL, sarana prasarana yang dimiliki, anggaran, terobosan kreatif dan penanganan covid-19.

Mantan Kapolres Belu mengungkapkan, secara geografis, Wilayah Belu memiliki luas  1.284, 94 km2, terdiri dari 12 kecamatan, 81 desa dan berbatasan langsung dengan darat dan laut dengan negara Timor Leste dengan panjang garis perbatasan darat sepanjang 149, 1 km2.

Kejadian menonjol yang terjadi di tahun 2021 dan telah dituntaskan kata AKBP Khairul Saleh yakni penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) serta masuknya ratusan pelintas batas ilegal dari negara Timor Leste.

Sementara dalam pelaksanaan tugas khususnya dibidang harkamtibmas lanjut AKBP Khairul, Polres Belu didukung 1 Kompi Brimob Subden 2 Den A, Kodim 1605 Belu, Yon Raider Sus 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL, Kavaleri Komodo Ksatria Anuraga (KKA) Atambua, , Subden POM Atambua serta instansi terkait lainnya.

"Polres Belu sendiri mempunyai 1 Mapolres, 7 Polsek, 1 Sat Pol Air, 1 Pos Pol KP3 laut, dan 16 Polsubsektor terdiri dari 9 polsubsektor batas dan 7 subsektor namun ada 3 Subsektor belum ada bangunan dan sarana prasarana. Sementara dari 9 subsektor batas, ada 3 sementara di bangun dan 1 nya lagi belum ada bangunan dan sarana prasarana"lanjut mantan Kapolres Belu.

"Dengan keterbatasan anggota dan sarana prasana, Polres Belu tetap maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat yang terbukti dengan suksesnya pelaksanaan Pilkada Bupati dan gencarnya kita melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat dan imbauan pencegahan covid-19"pungkas AKBP Khairul Saleh.

Menjawab apa yang sudah disampaikan Pejabat lama, Pejabat Baru Kapolres menyampaikan terima kasih kepada Pejabat yang lama, atas prestasinya memajukan Polres Belu baik dalam hal pembinaan maupun operasional

Dirinya mengajak seluruh anggota Polres Belu agar mampu mempertahankan apa yang sudah dicapai oleh Pejabat lama.

Untuk mempertahankan atau meningkatkan yang sudah ada, Kapolres meminta seluruh anggota agar mendukung tugas-tugas yang akan di embannya sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan maksimal.

“Mendengar Lapsat yang sudah disampaikan Pejabat lama, tentunya ini menjadi masukan bagi saya secara pribadi dan untuk Polres secara umum. Ini akan menjadi pegangan buat Saya dalam menjalankan amanah sebagai Kapolres Belu khususnya dalam mengambil langkah dan kebijakan"Kata Kapores Belu.

"Tentu apa yang sudah dijalankan selama ini, kita tingkatkan serta dipertahankan sehingga menjadi kemajuan di Polres Belu. Saya ingatkan rekan-rekan Perwira, agar bisa memberi contoh kepada anggota,kedisiplinan itu harus menjadi yang utama"pungkas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, lulusan AKPOL 2020 Sanika Satyawada dan nota bene rekan seangkatan pejabat lama, AKBP Khairul ini, mengajak seluruh anggota yang hadir untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi covid-19.

"Selain Kita mendukung proses pemulihan ekonomi nasional di tengah wabah covid-19 ini, Saya minta rekan-rekan tetap jaga kesehatan dan menjadi contoh untuk masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan"kata Kapolres Belu.

"Karena Kita juga tidak tahu kapan pandemi ini berakhir. Kalau kondisi Kita sehat dan prima, tentu Kita dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya dalam penanganan covid-19 itu sendiri "pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, Jabatan Kapolres Belu resmi berpindah tangan, ditandai dengan upacara serah terima jabatan Kapolres Belu dan Kapolres Sumba Barat Daya, yang dipimpin Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum,  Kamis (9/9/2021).

Pergeseran atau pengalihan tongkat komando Kapolres Belu ini, tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor  ST/1701/VIII/Kep/2021 tanggal 25 Agustus 2021 yang ditanda tangani As SDM Kapolri, Irjen. Pol. Drs. Wahyu Widada, M.Phil.

Dalam surat telegram tersebut, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang sebelumnya menduduki jabatan Kabag Binopsnal Dit Lantas Polda NTT, dipercaya untuk memimpin Polres Belu menggantikan AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K.,M.Si yang mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Reskrimsus Polda NTT.