Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Waspadai Kerumunan Massa Saat Penetapan Calon Pilkada 2020

Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan, Kapolres Belu Tegaskan Anggota Waspadai Kerumunan Massa Saat Penetapan Calon Pilkada 2020

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si, meminta jajaran untuk mewaspadai potensi kerumunan massa pada tahapan penetapan calon kepala daerah yang bakal dilangsungkan 23 September 2020.

Kewaspadaan penuh wajib dilakukan agar tidak menimbulkan klaster baru covid-19 dalam pelaksanaan setiap tahapan Pilkada 2020.

Hal ini ditegaskan Kapolres Belu saat memimpin apel kesiapan pengamanan penetepan Paslon Pilkada di lapangan Mapolres, rabu (23/9/2020) pagi tadi pukul 08.00 WITA..

"Situasi pengamanan tahun ini agak berbeda karena masa covid maka arahan dari pak Wakapolri kemarin bahwa setiap tahapan harus kita betul-betul perhatikan protokol kesehatan"kata Kapolres Belu.

"jangan rekan-rekan underestimate, menganggap remeh dan berpikir aman-aman saja. Pengamanan ini sendiri akan Saya pantau langsung, usahakan tidak ada pergerakan massa dan masyarakat yang berkumpul saat kegiatan nanti"tegas Kapolres Belu.

Dalam pelaksanaan pengamanan nantinya, mantan Kapolres Sumba Barat ini menekankan para Perwira dan anggota, untuk bertindak secara preventif dan preemtif dengan mengedepankan SOP yang ada.

"Dari kemarin Saya sudah perintahkan Intel dan Binmas untuk lakukan penggalangan, mengimbau masyarakat untuk sekiranya tidak mengerahkan massa saat penetepan paslon"kata Kapolres Belu.

"Sebentar di lokasi pengamanan, Kita aktifkan kembali imbauan tersebut dan juga imbauan 3 M. Kalau ada massa ataupun konvoi di sekitar lokasi penetapan, Kita lakukan imbauan untuk sebaiknya pulang kerumah. Ini perlu Kita tegaskan ke masyarakat supaya tidak ada klaster baru covid sepanjang Pilkada berlangsung" lanjut Kapolres Belu.

Usai pelaksanaan apel, Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, memfloting anggota untuk beberapa titik pengamanan antara lain di dalam dan diluar Ballroom hotel Matahari, ruas jalan Ade Irma Suryani depan hotel Matahari, persimpangan toko union, persimpangan BRI Cabang Atambua, serta kantor KPU dan Bawaslu.