Dialog Lintas Atambua Pagi, Kabag Ops Polres Belu Sebut Situasi Kamtibmas di Belu Kondusif

Dialog Lintas Atambua Pagi, Kabag Ops Polres Belu Sebut Situasi Kamtibmas di Belu Kondusif

Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua, menyelenggarakan Dialog Lintas Atambua Pagi, jumat (5/8/2022).

Acara yang mengangkat topik upaya penanganan kamtibmas di wilayah kabupaten Belu, menghadirkan dua nara sumber yakni Kapolres Belu yang diwakili Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH dan Kabid Rantibom Satpol PP Belu, Alsino Dosantos Martins.

Berkaitan dengan topik tersebut, Kabag Ops Polres Belu mengungkapkan, Polri dalam hal ini Polres Belu, berhasi menekan kasus kriminalitas selama tahun 2022 dimana mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021.

"Data angka kasus kriminalitas semester awal 2021 tercatat 320 kasus dibandingkan Juli 2022 sebanyak 292 kasus. Jadi, terdapat penurunan"ungkap Kabag Ops.

"Ini termasuk kalau kita hitung perwaktu kejadiannya juga terjadi pelambatan. Kalau tahun 2021 itu hitungannya setiap 15 jam ada kejahatan. Untuk 2022 sampai dengan semester pertama ini 17 jam kejadian," tambah Kabag Ops.

Data ini menurut Kabag Ops, bahwa secara keseluruhan memang terdapat beberapa peningkatan kasus, tetapi juga di lain sisi terdapat penurunan.

Dikatakannya, kebanyakan dari kasus-kasus yang terjadi tahun 2022 ini adalah kasus konvensional sementara trans nasional terjadi di awal tahun berkaitan dengan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

"Ini kaitan dengan pemberlakuan karantina bagi pelaku perjalanan, terjadi awal Februari s/d Mei. Selanjutnya Juni sampai saat untuk PPLN sudah tidak diberlakukan lagi, lebih kepada karantina mandiri. Ini mengurangi kejahatan trans Nasional," ujarnya.

"Dan untuk kasus yang terjadi di wilayah Kabupaten Belu kebanyakan lebih kepada konvensional seperti perkelahian, penganiayaan dengan pengoroyokan. Apalagi saat ini di NTT kota sudah masuk zona hijau tentu aktivitas masyarakat dan keramaian (pesta dll) yang terjadi juga dilonggarkan, itu penyebab terjadinya kejahatan tindak pidana," tuturnya.

"Namun demikian, secara keseluruhan situasi di Belu cukup kondusif di semester pertama. Ini juga berkat kegiatan-kegiatan yang dilakukan aparat kepolisian dalam upaya melaksanakan pengamanan kamtibmas di wilayah Belu" pungkasnya.