Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas Jelang Nataru, Polres Belu Laksanakan Operasi Zebra Ranakah 2021

Cipta Kondisi Kamseltibcar Lantas Jelang Nataru, Polres Belu Laksanakan Operasi Zebra Ranakah 2021

Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di tengah pandemi Covid-19, Kepolisian Resor Belu didukung instansi terkait, dalam 2 minggu kedepan menggelar Operasi Zebra Ranakah 2021.

Kaitan dengan Operasi Zebra di lingkup Polda NTT, Polres Belu menandainya dengan pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Zebra Ranakah yang mengambil tempat di lapangan apel Polres Belu, senin (15/11/2021).

Apel gelar pasukan pagi tadi pukul 08.00 wita, dipimpin langsung Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K dengan komandan Apel, Kanit Turjawali Sat Lantas, IPDA Muhammad Aris.

Membacakan amanat tertulis Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs Lotharia Latif, SH M.Hum, Kapolres Belu mengatakan, keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukan dari political will pengguna lalulintas. Kesadaran kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah.

“Secara umum dari hasil evaluasi bahwa dominasi pelanggran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan helm SNI, penggunaan Safety Belt dan pelanggaran terhadap rambu atau marka jalan”,kata Kapolres Belu.

“Untuk sasaran dan target operasi, penajamannya ditentukan oleh masing-masing wilayah sesuai dengan anev situasi kamseltibcarlantas terkini”, tambahnya.

Dalam melaksanakan Operasi ini lanjut Kapolres Belu, anggota Polri dan Instansi terkait, diminta tetap mengedepankan prinsip keselamatan & keamanan personil khususnya pada saat melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas, dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (sop) yang telah ditetapkan.

“Kepada anggota yang bertugas di lapangan, Saya perintahkan agar siapkan fisik dengan dilandasi moral & disiplin kerja yang tinggi serta waspada, jaga keamanan, keselamatan dan kesehatan diri dalam melaksanakan tugas”terang Inspektur Apel.

Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri dan lakukan operasi zebra ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid 19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan" pungkas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan pagi tadi ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Apel serta pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan dari Subden POM, Lantas dan Dishub Darat Kab. Belu.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan ini antara lain Dandim 1605 Belu, Wakapolres Belu, Pasi Ops Kodim 1605 Belu, Kepala Jasa Raharja, Kasubden POM IX Udayana Belu, para Pejabat Utama serta Kapolsek Jajaran Polres Belu.

Sementara Peserta Apel terdiri dari anggota Polres Belu dari seluruh satuan fungsi, anggota Kodim 1605 Belu,Brimob Subden 3 Den A Pelopor Belu serta anggota Dinas Perhubungan Darat Kabupaten Belu.

Untuk diketahui, operasi Zebra yang dihelat secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 15 November 2021  sampai dengan tanggal 28 November 2021