Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Ranakah 2021

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Ranakah 2021

Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 144 2 H tahun 2021 ditengah pandemi covid-19, Polri selama 14 hari kedepan, akan melaksanakan operasi keselamatan 2021.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Kepolisian Resor Belu didukung instansi terkait, melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Ranakah 2021 di halaman Mapolres Belu, senin (12/4/2021).

Apel gelar pasukan pagi tadi pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si dengan Perwira apel, KBO Sat Lantas, IPTU I Ketut Karnawa, SH dan Komandan Apel, Kanit Turjawali Sat Lantas, IPDA Muhammad Aris.

Membacakan amanat tertulis Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs Lotharia Latif, SH M.Hum, Kapolres Belu mengatakan, operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan giat preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Sasaran operasi ini sendiri lanjut Kapolres Belu meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan Mengganggu kamseltibcar lantas serta penyebaran covid-19.

"Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas  yang  mantap"pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya, Kapolres Belu mengimbau anggota kepolisian dan instansi terkait, untuk melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system.

"Lakukan operasi keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Dan juga kita wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021"tegas Kapolres Belu.

"Dan juga Selalu memanjatkan doa agar operasi keselamatan tahun 2021 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat" pungkas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan oleh Inspektur Apel serta pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Belu bersama Penjabat Bupati Belu , Drs. Zakarias Moruk, MM dan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY, Mayor Inf. Bayu Sigit Dwi Untoro.

Sejumlah pejabat yang turut hadir dalam apel gelar pasukan pagi tadi antara lain Komandan Yonif RK 744/SBY, Letkol Inf.Alfat Denny Andrian,  Pasi Ops Kodim 1605/Belu, Kapten CZI I Wayan Mertedana, Danki Brimob kompi 3 Batalion A pelopor Belu, para Kabag, Kasat, Perwira Staf serta tamu undangan lainnya.

Sementara barisan apel terdiri dari anggota Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Brimob Subden 3 Den A Pelopor Belu. Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY, Subdenpom IX/1-3 Atambua, Satgas Pamtas Dishub kabupaten Belu serta anggota Sat Pol PP kabupaten Belu.

Untuk diketahui, operasi keselamatan Ranakah 2021 ini, dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 25 april 2021.