Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke 77 di Tapal Batas, Kapolres Belu Minta Anggota Siap Diri Amankan Agenda Nasional

Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke 77 di Tapal Batas, Kapolres Belu Minta Anggota Siap Diri Amankan Agenda Nasional

Bertepatan dengan puncak hari Bhayangkara ke 77, sabtu 1 juli 2023, Kepolisian Resor Belu menggelar upacara dengan mengambil lokasi di lapangan upacara kantor Bupati Belu, jalan Eltari Atambua.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dengan Perwira Upacara, Kasat Narkoba, AKP Syamsul Arifin, SH dan Komandan Upacara, Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu, mengucapkan selamat hari bhayangkara ke-77 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani masyarakat yang ada di bumi flobamora.

Kapolda NTT juga menaruh harapan besar kepada anggota polri yang dengan kewenangan yang sangat besar dimana, organisasi Polri menembus sampai tingkat desa dan setiap hari anggota Polri besentuhan langsung dengan masyarakat.

Masih dalam amanatnya, Kapolda NTT mengatakan, hari ulang tahun bhayangkara ke-77 yang diperingati dengan tema yakni "Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju" , mengandung pesan yang sangat penting dalam menjalankan tugas kita sebagai anggota polri

Dengan tugas pokok Polri adalah sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan  pelayanan kepada masyarakat, diharapkan Polri harus senantiasa melakukan introspeksi diri dan melihat apa yang telah dilakukan untuk kebaikan kedepan dengan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Marilah kita melakukan introspeksi diri, melihat apa yang telah kita lakukan untuk kebaikan kedepan. Tugas pokok polri adalah sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan  pelayanan kepada masyarakat"tutur Kapolres Belu.

"Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Janganlah kita sakiti hati masyarakat, karena masyarakat adalah mitra kita dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Mari kita terus berkomunikasi, berkoordinasi, dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang terlibat, sehingga tercipta kerjasama yang baik dalam menjaga harkamtibmas di bumi flobamora tercinta ini"tambah Kapolres Belu.

Masih dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu, Kapolda NTT menyampaikan sejumlah agenda nasional lain yang harus didukung oleh Polri yaitu pesta demokrasi Pileg, Pilpres, dan Pilkada serentak yang harus diantisipasi dengan baik.

Guna menghadapi tugas polri yang semakin berat tersebut, Kapolda NTT mengharapkan individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi. harus semakin adaptif, responsif, dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah dalam menjalankan tugasnya.

"Koordinasi, komunikasi dan kolaborasi yang dilakukan dengan seluruh stakeholder telah menciptakan kerjasama yang baik untuk harkamtibmas di provinsi NTT. Kesiapan kita dalam menghadapi situasi yang kompleks dan dinamis akan menjadi penentu keberhasilan kita dalam menjaga keamanan dan ketertiban"pungkas Kapolres Belu.

Dalam upacara tersebut, sejumlah personil Polres Belu dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yon Raider Khusus 744/SYB menerima Reward atau penghargaan dari Pemda kabupaten Belu dan Polres Belu.

Selain pemberian Reward, rangkaian upacara Hari Bhayangkara ke 77 ini juga ditandai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba kebersihan Polsek jajaran dan juara Stand Up Comedy yang baru-baru ini diadakan Polres Belu di alun-alun lapangan umum Atambua.

Upacara hari Bhayangkara ke 77 di tapal batas RI-RDTL ini dihadiri Wakil Bupati Belu, Forkopimda Plus kabupaten Belu, Sekda Belu, Pejabat yang mewakili Dekan Fakultan UNHAN RI Belu, Wakapolres Belu, Danki Kikav Atambua, Jajaran SKPD Belu, Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Wakil Ketua Persit KCK Yon RK 744/SYB dan Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Belu.

Upacara yang ditutup dengan tebe bersama ini juga dihadiri sejumlah Pimpinan BUMD, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, pengurus cabang Bhayangkari Belu, para purnawirawan Polri, insan pers serta tamu undangan lainnya.

Sementara peserta Upacara terdiri dari barisan pejabat utama Polres Belu dan Kapolsek jajaran, Kodim 1605 Belu, Satgas Pamtas RI RDTL Yon RK 744/SYB, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Sat Samapta, Sat Lantas, Polsek jajaran, Sat Intelkam, Sat Reskrim, PNS Polri serta barisan Senkom Mitra Polri.