Turun ke Dua Masjid Besar, Polres Belu Kembali Gelar Vaksinasi Malam untuk Anak Hingga Lansia

Turun ke Dua Masjid Besar, Polres Belu Kembali Gelar Vaksinasi Malam untuk Anak Hingga Lansia

Sebagai upaya akselerasi atau percepatan vaksinasi Covid-19 khususnya di bulan Ramadhan 1433 H, Kepolisian Resor Belu menggelar vaksinasi malam di Masjid-masjid yang ada di kota Atambua.

Setelah dua hari berturut-turut menggelar vaksinasi malam di Masjid Al-Mujahiddin dan Masjid An-Nur Atambua, Polres Belu bekerja sama dengan Dinas kesehatan kabupaten Belu, kembali menggelar vaksinasi di dua masjid besar kota Atambua yakni di Masjid Hidayatullah dan Masjid Al-Muhajirin, sabtu (9/4/2022).

Untuk tidak mengganggu pelaksanaan ibadah Sholat Fardu dan Tarawih, pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran anak usia 12-17 tahun, dewasa hingga orang tua lanjut usia (lansia). dilakukan dalam masa tenggang menjelang shalat Isya dan selepas Shalat Tarawih.

Dari pukul 18.30 wita tepatnya sebelum masuk waktu sholat Isya, puluhan masyarakat baik jamaah masjid serta masyarakat umum, mulai memadati pelataran masjid yang kemudian mengikuti tahapan pendataan atau pengisian blangko terlebih dahulu yang sudah di sediakan oleh tenaga vaksinator dari Gerai Vaksin Klinik Pratama Polres Belu, Puskesmas Atambua Selatan dan Puskesmas Atambua Barat.

Setelah dinyatakan lolos verifikasi dan screening kesehatan, masyarakat yang hadir kemudian menjalani vaksinasi tahap I, II dan juga booster dengan vaksin yang disediakan jenis sinovac, Covovax, AstraZeneca, Pfizer dan Moderna.

Pelaksanaan vaksinasi yang diawasi langsung sejumlah pejabat utama serta Perwira Staf Polres Belu, mendapat perhatian dari Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP yang turun memantau jalannya vaksinasi malam di dua Masjid tersebut.

Kepada awak media, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengungkapkan, pelayanan vaksin malam hari ini, digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya pada jam kerja, yaitu pagi hingga sore.

Dirinya mengakui tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi malam ini, dimana tingkat kehadiran masyarakat semakin hari semakin meningkat dibanding malam-malam sebelumnya.

"Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, kita mengambil kegiatan ini pada saat malam hari mengingat seluruh masyarakat pastinya memiliki waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk mengikuti vaksin. Terlebih dibulan Ramadhan ini, umat Muslim yang ingin menjalani vaksinasi namun siang harinya sedang berpuasa ,bisa terfasilitasi dengan adanya vaksinasi malam hari ini. Langkah yang kami ambil ini mendapat dukungan penuh dari Ketua MUI dan juga pengurus masjid dengan menyediakan tempat, baik dipelataran masjid dan juga ruangan sekolah madrasah"jelas Kapolres Belu. 

"Dan Saya bersyukur melihat masyarakat Belu begitu antusias mendapatkan vaksin covid-19. Dari pertama kita laksanakan di Masjid Al-Mujahiddin, hingga malam ini pencapaian vaksinasi semakin hari semakin meningkat. Untuk kegiatan di dua masjid malam ini, kita berhasil menjaring 141 orang baik itu Jamaah Masjid maupun masyarakat umum dengan menjalani vaksin dosis pertama, kedua dan juga booster (lanjutan). Ini akan terus kita galakkan sehingga pada saat rangkaian kegiatan di bulan Ramadan dan Idul fitri maupun pelaksanaan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas"pungkas Kapolres Belu..

Menurut Kapolres Belu, di bulan ramadhan dan menyambut Paskah tahun ini, Pemerintah telah memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk menunaikan ibadah secara normal namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Pihaknya bersama instansi terkait akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi serta imbauan protokol kesehatan guna memastikan masyarakat tetap dalam keadaan sehat atau terhindar dari paparan virus corona. 

"Sesuai dengan penekanan bapak Kapolri dan bapak Kapolda NTT, Kami dari Polres Belu sendiri akan terus dorong strategi vaksinasi yang tidak saja dilaksanakan di Gerai Vaksin, tapi juga di tempat yang banyak kegiatan, yang mungkin aktifitasnya meningkat, seperti di pasar dan tempat ibadah"tutur Kapolres Belu.

"Sehingga selama bulan Ramadan ini dan memasuki hari raya Paskah, vaksinasi tetap berjalan dan utamanya seluruh aktifitas masyarakat bisa berjalan dan laju pertumbuhan Covid-19 bisa kita jaga. Begitupun imbauan protokol kesehatan terus menerus kami lakukan di tengah masyarakat melalui patroli dialogis dan juga sambang warga yang dilakukan rekan-rekan Bhabinkamtibmas di desa binaannya masing-masing" ujar Kapolres Belu.