Tak Pernah Lelah Memberi Arti, Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Bantu Sumur Bor Untuk Masyarakat Desa Tukuneno

Tak Pernah Lelah Memberi Arti,  Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Bantu Sumur Bor Untuk Masyarakat Desa Tukuneno
Kapolres Belu bersama Wakapolres dan Pejabat Utama saat bertatap muka dengan warga di desa Tukuneno, sabtu (10/02/2024).

Tak pernah lelah memberi arti untuk orang banyak. Yah itulah kalimat yang pantas disematkan kepada Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K, yang keberadaannya di kabupaten Belu telah banyak menjawab dan membantu apa yang menjadi persoalan masyarakat diantaranya kesulitan akan air bersih, listrik hingga akses jalan.

Setelah melakukan aksi sosialnya untuk masyarakat di beberapa tempat, Kapolres Belu kali ini kembali membantu menyediakan sumber air bersih melalui sumur bor untuk warga yang tinggal di 3 (tiga) dusun yang ada di desa Tukuneno, kecamatan Tasifeto Barat.

Ketiga dusun yang merasakan jiwa sosial Kapolres Belu antara lain dusun Buburlulik. dusun Weberliku dan dusun Tubatan.

Kapolres Belu mengungkapkan, apa yang menjadi persoalan warga akan air bersih terpenuhi setelah dirinya mendengar keluh kesah warga di sela kunjungan kerjanya di Polsek Tasifeto Barat beberapa hari lalu.

"Awal bulan februari kemarin saya melakukan kunjungan kerja ke seluruh polsek jajaran kaitan dengan persiapan anggota dalam pengamanan pemilu sekaligus kita juga mengundang para camat, kepala desa dan perwakilan masyarakat untuk membahas agenda tersebut"ungkap Kapolres Belu.

"Dan saat tatap muka di Polsek Tasbar, Pj.Kepala desa Tukuneno mengeluhkan masalah air bersih di wilayahnya. Berangkat dari keluhan warga, Saya didampingi Pak Waka dan para pejabat utama malam hari itu juga langsung turun ke lokasi yang dimaksud. Dan setelah melihat kenyataan dilapangan, selang beberapa hari Saya kemudian mengupayakan mendatangkan sumur bor bagi masyarakat disana (Tukuneno) "tambah Kapolres Belu.

Kapolres Belu saat melakukan tatap muka dengan camat, para kepala desa dan sejumlah masyarakat kecamatan Tasifeto Barat, senin 5/02/2024.

Penantian dan harapan masyarakat di 3 dusun di desa Tukuneno akan air bersih dirasakan benar-benar nyata adanya taktakala Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari, Wakapolres Belu serta pejabat utama Polres hadir di wilayah mereka dengan membawa alat berat untuk penggalian sumur bor.

Dalam acara makan bersama masyarakat yang digelar pada sabtu,10 februari 2024 lalu di desa Tukuneno, Kapolres Belu mengatakan, apa yang dilakukannya untuk warga desa Tukuneno semata-mata  wujud perhatian negara Polri dalam menjawab keluh kesah sekaligus menuntaskan persoalan yang dialami masyarakat.

"Terima kasih kepada Pj.Kepala Desa dan masyarakat Tukuneno yang menerima kami dengan baik di tempat ini. Untuk diketahui bapak mama, apa terjadi ini semua karena doa bapak ibu yang sudah Tuhan dengar. Melalui perantaranya semua ini bisa terjadi dan itu semua kehendak Tuhan. Saya ini manusia biasa, manusia lemah, bukan orang hebat tapi dengan keyakinan kami berupaya membantu bapak ibu disini"tutur Kapolres Belu.

"Melalui rekan-rekan yang ada disini bukan saja Kapolres, semua rekan-rekan dari kepolisian dan juga rekan-rekan dari Kementerian PUPR Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II, kami bersama-sama bahu membahu, bergotong rotong membangun negeri supaya yang tadinya kering menjadi basah"lanjut Kapolres Belu.

Kapolres Belu mengatakan, dengan hadirnya air bersih, dirinya berharap dapat merangsang perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Alatnya sudah hadir disini dan besok akan langsung dilakukan pengeboran di titik yang sudah ditentukan bersama. Air kalau sudah masuk, tingall satu lagi yakni semangat. Karena tujuan kita hadirkan air bersih ini salah satunya supaya bapak ibu bisa semangat dan lebih mudah bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan bercocok tanam, menanam sayur-sayuran, umbi-umbian, lombok, tomat dan sebagainya"pesan Kapolres Belu.

"Kalau ini ditekuni dengan sungguh-sungguh maka tanaman-tanaman tersebut bukan saja untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari tapi juga bisa untuk kita jual dan menghasilkan uang yang perlahan bisa meningkatkan perekonomian dalam keluarga"tambah Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Pj.Kepala Desa Tukuneno, Frimus Koli menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas bantuan yang telah diberikan karena menurutnya salah satu masalah utama yang dihadapi oleh warga adalah keterbatasan air bersih yang menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari.

"Air bersih adalah kebutuhan utama masyarakat, baik itu untuk kehidupan sehari-hari maupun keberlangsungan segala macam aktivitas. Selama bertahun-tahun, masyarakat kami, termasuk saya sebagai warga mengalami kekurangan air bersih" ungkap Pj.Kepala Desa Tukuneno.

"Dan Saya betul-betul tidak menyangka apa yang kami sampaikan saat di Polsek Tasbar langsung direspon oleh bapak Kapolres. Tidak sampai seminggu dan tanpa proposal dari kita, bapak Kapolres bersama rombongan hadir malam ini memberikan kejutan dan jawaban atas kesusahan masyarakat. Bapak Kapolres hadir membawa alat pengeboran dan masyarakat nantinya bisa mendapatkan air bersih secara nyata dan gratis"tambah Pj.Kepala Desa Tukuneno yang disambut tepuk tangan oleh seluruh masyarakat yang hadir.

Pj.Kepala desa menambahkan, bantuan ini tidak hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga memberikan semangat dan harapan baru bagi warga Desa Tukuneno khususnya warga dusun Buburlulik. dusun Weberliku dan dusun Tubatan.

"Dengan usaha luar biasa dari bapak Kapolres Belu, kami merasakan kehadiran pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Semangat saling mendukung antara kepolisian dan masyarakat semakin menguat, dan hal ini akan terus membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Desa Tukuneno secara umum"tutur Pj.Kepala Desa Tukuneno.