Sisir Pasar Baru, Personel Satgas OMB Polres Belu dan Brimob Imbau Warga Jauhi Tindakan Ini untuk Pemilu 2024 yang Kondusif

Sisir Pasar Baru, Personel Satgas OMB Polres Belu dan Brimob Imbau Warga Jauhi Tindakan Ini untuk Pemilu 2024 yang Kondusif

Tim Satgas Preventif operasi Mantap Brata Polres Belu, terus melaksanakan patroli dialogis sebagai kegiatan rutin mencegah terjadinya suatu tindak kejahatan sekaligus upaya memberikan rasa aman ,perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Kegiatan patroli dialogis yang kembali di helat kamis (18/01/2024) mulai pukul 10.00 WITA hingga siang hari, di awali dari Mapolres Belu menuju kompleks pasar lama, kantor Bawaslu, Gereja Polycarpus, pasar baru lurus Rumah Sakit Tentara dan berlabuh di gudang logistik KPU kabupaten Belu.

Selain itu,tim patroli yang juga menggandeng personel Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu ini juga menyisir kantor KPU,  kompleks perkantoran, sekolah-sekolah serta sejumlah tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Dalam pelaksanaan patroli, Tim Patroli gabungan yang dipimpin KBO Sat Samapta selaku Wakasatgas Preventif, IPTU Asep Ruspendi memberikan imbauan kamtibmas ke masyarakat yang ditemui serta mengatur arus lalu lintas di sejumlah titik yang rawan dengan kemacetan.

“Hasil patroli tadi, secara umum situasi aman terkendali. Yang ditemui saat patroli cuma kemacetan di pasar dan sejumlah sekolah sehingga anggota saat itu juga mengatur arus lalu lintas sampai jalanan kembali normal. Masih di pasar baru, anggota juga mengimbau masyarakat agar mendukung Polri dalam menjaga kamtibmas selama pemilu digelar"kata KBO Sat Samapta, IPTU Asep.

“Caranya dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.Tidak ngumpul sambil mabuk-mabukkan yang ujung-ujungnya mengganggu keamanan. Ini (imbauan) perlu disampaikan sebagai langkah preventif Kita dalam mencegah berbagai tindak kejahatan apalagi sebentar lagi kita sudah masuk dalam tahapan inti pemilu serentak februari bulan depan”tambah IPTU Asep.

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjutak, S.I.K mengungkapkan, Kegiatan patroli dialogis ini sifatnya preventif (Pencegahan) dan preemtif (imbauan) yang bertujuan mencegah potensi gangguan yang dapat membahayakan integritas proses pemilu. Demi menjamin situasi terus kondusif, setiap harinya anggota kita turun patroli menyisir kota Atambua dan kantor penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu dan juga gudang KPU"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk situasi di kantor KPU dan Bawaslu sampai saat ini dalam keadaan aman. Dalam sambang anggota di KPU, Gudang KPU dan Bawaslu Kita berpesan,Kalau ada permasalahan yang menonjol kaitan dengan keamanan, segera laporkan sehingga dari Polres bisa secepat mungkin memback up sehingga maslah yang munucl tidak membesar, bisa segera Kita atasi sesuai prosedur hukum yang berlaku"pungkas Kapolres Belu.