Setelah Sumpah Adat, Kapolres Belu Ajak Dua Kelompok Pemuda Ini Bersatu Jaga Kamtibmas Jelang Nataru

Setelah Sumpah Adat, Kapolres Belu Ajak Dua Kelompok Pemuda Ini Bersatu Jaga Kamtibmas Jelang Nataru
Pemuda SOBAT dan pemuda Oeleu (Weaituan) foto bersama pasca perdamaian secara adat, rabu (21/12/2022)

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K mengimbau pemuda Solidaritas Belu Bersatu (Sobat) dan Pemuda Oeleu (Weaituan) untuk saling menghargai dan merawat kerukunan di wilayah kabupaten Belu.

Dengan kerukunan dan persaudaraan yang terus dibangun oleh dua kelompok pemuda tersebut, niscaya konflik yang kerap terjadi, dengan sendirinya akan hilang dan digantikan dengan bersama-sama menciptakan suasana yang aman dan sejuk di wilayah kabupaten Belu tercinta ini.

Imbauan ini diutarakan Kapolres Belu, saat memfasilitasi acara perdamaian antara kelompok SOBAT dan kelompok pemuda Oeleu yang berlangsung di Taman Fronteira Garden, Kelurahan Tulamalae, Kec. Atambua Barat, Kab. Belu, rabu (21/12/2022).

“Saya ucapkan terima kasih kepada  adik-adik dari kedua kubu yang sudah hadir dengan tujuan bertemu untuk saling memaafkan dan berdamai secara Kekelurgaan atau secara adat. Perlu diketahui sumpah adat ini sakral dan tidak main-main, jadi siapa yang melanggar maka akan menanggung resikonya"ungkap Kapolres Belu.

"Setelah sumpah adat ini, Saya harap apa yang terjadi kemarin-kemarin, segera Kita lupakan karena Kita semua yang hadir ini adalah saudara dan tidak perlu lagi adanya keributan saling serang dan bermusuhan. Dan mulai hari ini, mari kita semua jaga kekompakan dan keamanan bersama khususnya di sekitar lokasi pasar. Mari kita jaga kamtibmas dengan baik sehingga perayaan Natal dan tahun baru ini dapat kita rayakan dengan sukacita"pinta Kapolres Belu.

Dari pantauan Humas dilapangan, Prosesi sumpah adat yang mendapat pengamanan anggota Polres Belu ini diawali dengan pemotongan telinga kambing, yang kemudian ditampung ke sebuah wadah yang berisi air dan daun sirih.

Dari wadah tersebut, Tokoh Adat suku Lidak kemudian memercikan air menggunakan daun sirih ke tubuh para pemuda SOBAT dan pemuda Oeleu yang terlibat pertikaian beberapa waktu lalu.

Kegiatan perdamaian adat kemudian dirangkai dengan penandatanganan surat kesepakatan damai dari kedua belah pihak bersama para saksi serta pencabutan laporan oleh kedua belah pihak.

Sumpah Adat antara Pemuda Oeleu dan SOBAT yang berlangsung pukul 15.00 wita, turut dihadiri Bupati Belu yang di wakili Kaban Kesbangpol, Apolinaris M Susar, S.Sos dan Dandim 1605/Belu yang diwakil Danramil Kota, Mayor Inf.Yeremias Yonatan Ndoluanak.

Hadir juga Kabag Ops dan sejumlah Kasat Polres Belu, Lurah Bardao, Lurah Manuaman, Tokoh Adat Suku Lidak, Perwakilan dari Ketua SOBAT, Perwakilan dari Ketua Oeleu serta sejumlah Pemuda SOBAT dan Pemuda Oeleu.