Sedot Perhatian Ribuan Warga, Parade Kebangsaan Sambut HUT RI ke 78 Dijaga dan Dikawal Ketat Personel Polres Belu

Sedot Perhatian Ribuan Warga, Parade Kebangsaan Sambut HUT RI ke 78 Dijaga dan Dikawal Ketat Personel Polres Belu

Dalam menyongsong hari ulang tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah daerah kabupaten Belu menggelar Parade Kebangsaan, sabtu (12/8/2023).

Peserta parade kebangsaan sekitar pukul 13.17 wita dilepas secara resmi oleh Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, yang didampingi Forkopimda serta pimpinan/perwakilan Instansi Vertikal dan Pimpinan OPD Pemkab Belu.

Berdasarkan pantauan Humas Polres Belu dilapangan, parade kebangsaan ini melibatkan seluruh pelajar SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, Instansi Pemerintah, TNI, Polri, BUMN, organisasi bela diri, karang taruna, muda mudi dari Gereja dan Mesjid serta paguyuban dari sejumlah daerah yang menggunakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

Adapun rute yang dilalui yakni dari titik Star Lapangan umum menuju pertokoan pasar lama lurus menuju Gereja Polycarpus kemudian menuju Pasar Baru, Cabang Pos Polisi Pasar Baru dan belok kanan menuju simpang Swalayan Timor Angkasa.

Dari Cabang Timor Angkasa, peserta bergerak lurus hingga persimpangan rumah jabatan Bupati Belu dan kemudian belok kanan menuju simpang Bank NTT.

Dari cabang Bank NTT, peserta belok kiri menuju simpang SMAK Surian dan kemudian belok kanan menuju simpang Sentral hingga Gereja Katedral Atambua.

Dari simpang Gereja, peserta belok kiri menuju simpang Meriam depan Polres Belu dan lurus menuju Finish di lapangan umum Atambua.

Meriahnya parade kebangsaan ini menyedot perhatian ribuan masyarakat kota Atambua baik di garis star dan finish (lapangan umum Atambua) maupun di jalan-jalan yang dilintasi peserta parade.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran parade kebangsaan tersebut, Kepolisian Resor Belu menurunkan ratusan personilnya dengan pengamanan dipusatkan di lapangan umum Atambua dan ruas-ruas jalan yang dilalui peserta parade.

“Pengamanan Kita pusatkan dilapangan umum dan juga ruas-ruas jalan yang dilintasi peserta sesuai rute yang telah diatur. Semua fungsi kita libatkan untuk menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan tersebut, mulai dari Lalu lintas, Samapta, Intelkam, Reskrim, Bhabinkamtibmas hingga seksi gabungan”kata Kapolres Belu AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K saat dikonfimasi awak media.

“Selain penempatan personel di rute yang dilalui peserta, anggota lantas juga melakukan pengawalan serta dari anggota Reskrim dan Intelkam melekat dengan peserta parade dengan melakukan pengamanan tertutup dari star hingga finish”lanjut Kapolres Belu.

Kegiatan parade kebangsaan di wilayah tapal batas RI-Timor Leste tahun ini berakhir ekitar pukul 18.00 wita dalam keadaan aman dan lancar.

"Puji Tuhan secara umum kegiatan berjalan kondusif. Personil yang melaksanakan pengawalan dan pengamanan di titik-titik yang sudah kita atur, melaksanakan tugasnya secara baik dari awal hingga akhir kegiatan"ungkap Kapolres Belu.

"Dan kita juga mengapresiasi kepada peserta maupun ratusan masyarakat yang hadir menonton di lapangan maupun yang turun ke jalan-jalan dimana mereka kembali dengan tertib ke rumahnya masing-masing. Begitupun arus lalu lintas terpantau aman dan lancar"pungkas Kapolres Belu.