Police GT School di Gelaran Ops Patuh 2023, Sat Lantas Polres Belu Tekankan Pentingnya Tertib Berlalu Lintas ke Pelajar SMAN 4 Atambua

Police GT School di Gelaran Ops Patuh 2023, Sat Lantas Polres Belu Tekankan Pentingnya Tertib Berlalu Lintas ke Pelajar SMAN 4 Atambua

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Belu sejak tanggal 10 juli 2023 kemarin,menggelar operasi Patuh Turangga 2023.

Sejak operasi tersebut bergulir, Sat Lantas sebagai fungsi yang dikedepankan dalam operasi ini, rutin memberikan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas kepada masyarakat khususnya pengendara roda dua, empat dan lainnya.

Memasuki hari ke-8 operasi, senin (17/07/2023), Personel Sat Lantas Polres Belu turun memberikan penyuluhan tertib berlalu lintas dengan sasaran pelajar SMAN 4 Atambua. 

Dari laporan yang diterima humas pagi tadi pukul 09.30 wita, anggota Sat Lantas melalui BRIPKA Giovanni A.Kedati dan BRIPKA Buyung Tanjung, bergantian membawakan materi tentang etika berlalu lintas yang bertujuan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya serta meminimaliasai pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Selain membawakan materi tentang Etika berlalu lintas, dua personel Sat Lantas ini juga membagikan brosur keselamatan berlalu lintas kepada siswa siswi baru SMKN 4 Atambua yang sedang menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) ini.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan dukungan yang positif dari Kepala Sekolah dan para guru yang secara terbuka mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan serupa maupun dalam kemasan lain, akan terus digalakkan agar siswa/i mereka dapat menyadari betapa pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. 

Terpisah, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K melalui Kasat Lantas, AKP Brian Wicaksono, S.T.K., S.I.K mengungkapkan, pembinaan dan penyuluhan melalui Police Goes To School agar bisa merubah mindset/pola pikir para pelajar yang mengutamakan keselamatan daripada kesenangan dan kebutuhan akan alat transportasi.

“Kegiatan Police Goes to School hari ini bukan saja bertepatan dengan operasi keselamatan tapi sudah menjadi agenda rutin kami untuk para pelajar dan mengajak mereka untuk tertib berlalu lintas. Seperti memakai helm,, tidak boncengan tiga atau lebih, tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Dan yang belum cukup umur, tidak boleh bawa motor sendiri karena selain belum masuk umur untuk mendapatkan SIM, mereka masih labil sehingga saat berkendara mengancam keselamatan diri sendiri dan orang lain"jelas Kasat Lantas.

"Besar harapan kita,melalui kegiatan Police Goes To School ini, dapat memberikan kesadaran dan pemahaman kepada siswa-siswi untuk tertib dalam berlalu lintas guna mencegah kasus kecelakaan lalu lintas khususnya terhadap anak-anak di bawah umur"tutup Kasat Lantas.

Untuk diketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak di seluruh indonesia, menggelar operasi Patuh selama 14 hari, yang dimulai dari senin tanggal 10 Juli 2023 sampai dengan 23 juli 2023.

Adapun sasaran yang menjadi target dari Operasi Patuh Turangga diantaranya, tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua orang, pengemudi kendaraan bermotor di bawah umur, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot tidak sesuai standar, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan HP saat berkendara. 

Selain itu, pengemudi kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol, pengemudi kendaraan bermotor ugal-ugalan, tidak menggunakan sabuk pengaman untuk mobil serta penggunaan rotator yang tidak sesuai dengan aturan.