Pisah Sambut Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto Mengaku Senang dan Bangga Bertugas di Tapal Batas RI-RDTL

Pisah Sambut Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto Mengaku Senang dan Bangga Bertugas di Tapal Batas RI-RDTL
Pejabat Lama Kapolres Belu didampingi istri saat memberikan sambutan dalam acara pisah sambut di Ballroom Hotel Matahari

Kepolisian Resor Belu pada jumat (14/4/2023) malam, menggelar acara malam pisah sambut Kapolres Belu dari AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, kepada AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K.

Acara yang digelar di Ballroom hotel Matahari Atambua ini dihadiri Bupati Belu, Wadir Pam Obvit Polda NTT, Wakil Bupati Belu, unsur Forkopimda Plus kabupaten Belu, Ketua DPRD Belu serta keluarga besar Polres Belu dan Pengurus Cabang Bhayangkari Belu.

Hadir juga ratusan undangan dari Instansi Pemerintah, TNI, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, BUMN, mitra kerja, tokoh agama, tokoh masyarakat serta Insan Pers.

Pejabat lama AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K yang didampingi istri Ny. Lydia Yosep menuturkan, selama 1 tahun 6 bulan menjabat Kapolres Belu, banyak pengalaman maupun suka duka dirasakan olehnya termasuk dalam upaya penanganan Covid-19.

"Ini waktu yang cukup lama bagi kami. Ini tidak terduga sebenarnya, karena kemarin harapan kami ke tempat yang lain, karena memiliki keinginan sendiri untuk dekat dengan mertua untuk merawat orang tua disana, namun perintah pimpinan kami harus berada di ujung timur berbatasan langsung dengan Timor Leste. Bagi kami prajurit tetap melaksanakan apa yang diperintah oleh pimpinan,"ungkap AKBP Yosep.

Dalam kesempatan ini, AKBP Yosep yang mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Lantas Polda NTT juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Forkopimda Plus, yang dalam komunikasi terdapat kekurangan.

Perwira Menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 2020 Sanika Satyawada ini  juga menyampaikan rasa bangga dan senang bisa bertugas di Belu, mulai dari Forkopimda, masyarakat dan semuanya terjalin komunikasi yang sangat baik. Selain itu, terdapat kekompakkan bersama semua unsur di perbatasan selama melaksanakan tugas di Rai Belu.

"Mungkin dalam kami melaksanakan tugas masih banyak yang kurang. Karena waktu 1 tahun 6 bulan bagi kami sudah cukup lama, banyak tugas yang belum bisa diselesaikan mungkin nantinya bisa dilanjutkan oleh Kapolres yang baru, sehingga mekanisme dinamisme yang ada disini bisa berjalan sebagaimana mestinya" ujar AKBP Yosep.

"Dan sejujurnya bangga dan senang saya bisa bersama di Rai Belu ini. Mungkin tidak ada kata yang lain, kami mohon ijin untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru sebagai Wadir Lantas Polda NTT" pungkas AKBP Yosep.

Sementara Bupati Belu dr Agustinus Taolin Sp.PD-KGEH FINASIM dalam sambutannya, menyampaikan, terima kasih kepada AKBP Yosep dalam kebersamaan kurang lebih 1 tahun 6 bulan bertugas di Kabupaten Belu.

Kebersamaan selama ini lanjut Bupati Belu, banyak sudah yang telah dilakukan, seperti melakukan terabas menggunakan motor trail, hobby ini ternyata bisa menjangkau daerah-daerah berbatasan yang dilaksanakan bersama unsur TNI.

"Suatu hal yang luar biasa, bahwa bersama Pemerintah Daerah bekerja luar biasa dalam penanganan Covid-19, bahkan sebagai Kapolres, AKBP Yosep aktif melalui kegiatan-kegiatan bidang kesehatan, sehingga Covid-19 di Kabupaten Belu bisa terkendali"ungkap Bupati Belu.

"Terima kasih untuk jajaran Polri dan TNI, kita mendapat penghargaan nasional di bidang PPKM 3 terbaik di Nusa Tenggara Timur," ucap Bupati Belu.

Kesempatan yang sama Bupati Belu juga menyampaikan selamat datang Kepada Kapolres Belu, AKBP Richo Simanjuntak.

Dirinya berharap, dalam kebersamaan di Belu, lewat komunikasi yang baik bersama membangun Rai Belu mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan Kompetitif.

"Selamat datang di Belu sebagai daerah perbatasan, daerah terluar, multi etnis tetapi kami hidup dalam kebersamaan dan toleransi yang baik," kata Bupati Belu.

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM menyampaikan selamat kepada AKBP Yosep dalam kebersamaan 18 bulan 2 hari dan selama ini sudah banyak yang telah dilakukan.

"Bangunan komunikasi yang kita bentuk terjalin cukup baik, saya percaya Belu merupakan salah satu anak tangga untuk menapak terus tangga-tangga itu menuju ke atas dan doa kami senantiasa menyertai," kata Wakil Bupati Belu.

Kepada Kapolres Belu AKBP, Richo, Wakil Bupati Belu menyampaikan selamat datang dan mengajak untuk bersama membangun dan mewujudkan masyarakat Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif.

Kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Belu Johanes Andes Prihatin menyampaikan, bahwa orang yang maju adalah orang yang selalu bergerak atapun berpindah.

"Oleh karena itu, dari Belu kami meyakini bahwa ini merupakan bagian dari kemajuan menuju kesuksesan, untuk kami menyampaikan profesiat kepada AKBP Yosep. Doa kami sukses selalu di tempat yang baru," ujar Sekda Belu.

Terima kasih selama kebersamaan di Kabupaten Belu bersama pemerintah dan masyarakat telah bersama-sama melewati masa sulit selama pandemi Covid-19.

"Semoga silaturahmi yang terbangin baik tetap terjaga dan memberikan kesan yang baik di masa yang akan datang," ujar Sekda Belu.

"Selamat datang kepada Kapolres Belu AKBP. Richo untuk menjadi bagian dari keluarga besar di Belu, dan atas nama seluruh pimpinan OPD tentu akan membuka diri dan memohon dukung untuk bersama bekerja memajukan Kabupaten Belu sebagai beranda terdepan NKRI" ucap Sekda Belu.

Pada acara pisah sambut ini, mantan Kapolres Belu dan istri menerima banyak cendera mata antara lain dari Bupati dan Wakil Bupati Belu, Forkopimda Plus Belu, Ketua DPRD Belu, SKPD Belu, jajaran TNI, Pimpinan instansi Vertikal, Wakapolres Belu, Perwira Polres Belu dan Brimob serta Bhayangkari.

Untuk diketahui, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimum Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), resmi menjadi Kapolres Belu yang ditandai dengan upacara serah terima jabatan di Loby Mapolda NTT, yang dipimpin langsung Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, Rabu (12/4/2023).

Sementara AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K , yang kurang lebih 1 tahun 6 bulan menjabat Kapolres Belu, mendapat promosi jabatan sebagai Wadir Lantas Polda NTT.