Pimpin Gelar Pasukan, Kapolres Belu Beberkan Jenis Pelanggaran yang Jadi Sasaran Ops Keselamatan 2023

Pimpin Gelar Pasukan, Kapolres Belu Beberkan Jenis Pelanggaran yang Jadi Sasaran Ops Keselamatan 2023

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K memimpin apel gelar pasukan operasi Keselamatan Turangga 2023 di halaman Mapolres, selasa (7/2/2023).

Apel Gelar Pasukan yang dimulai pukul 08.00 wita, dihadiri Dandim 1605 Belu, Letkol Arh. Suhardi S.T, Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran dan Perwira Staf Polres Belu, Kepala Dispenda Kab. Belu serta Kepala Jasa Raharja Kab. Belu.

Dalam amanat singkatnya, Kapolres Belu menuturkan, Operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.

Adapun target dan sasaran operasi tersebut lanjut Kapolres Belu meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19.

"Adapun Target Operasinya adalah pelanggaran kasat mata serta pelanggaran yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas antara lain Tidak memakai Helm ber-SNI, Melanggar Rambu, dan Menggunakan Knalpot Racing/Brong"ungkap Kapolres Belu.

"Pelanggaran lainnya yakni Mengendarai kendaraan dengan Kecepatan tinggi, Mengangkut barang/orang melebihi batas muatan serta mengendarai kendaraan dibawah pengaruh minuman keras (alkohol)"tambah Kapolres Belu.

Dalam melaksanakan Operasi Keselamatan Turangga nantinya, orang nomor satu di Polres Belu ini berpesan kepada anggota Polri dan Instansi terkait supaya tetap mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personil khususnya pada saat melakukan penegakkan hukum terhadap pelanggar lalu lintas, dengan berpedoman pada standar operasional prosedur (sop) yang telah ditetapkan.

“Kepada anggota yang bertugas di lapangan, Saya minta agar siapkan fisik dengan dilandasi moral dan disiplin kerja yang tinggi serta waspada, jaga keamanan, keselamatan dan kesehatan diri dalam melaksanakan tugas”pesan Inspektur Apel.

“Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri dan lakukan operasi zebra ini dengan humanis tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. Kita wujudkan kamseltibcar lantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid 19 dengan kembali meningkatkan disiplin protokol kesehatan"pungkas Kapolres Belu.

Apel Gelar pasukan Operasi keselamatan ditandai dengan penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua, Subden Pom IX Udayana Belu dan Dispenda kabupaten Belu.

Apel gelar pasukan diikuti personel Subden POM IX Udayana Belu, Kodim 1605 Belu, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu, Sat Samapta, Sat Lantas, Staf Gabungan, gabungan Sat Reskrim, Sat Intel dan Sat Narkoba, dinas perhubungan serta Dispenda Kab.Belu.

Untuk diketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak di seluruh indonesia, menggelar operasi keselamatan selama 14 hari, yang dimulai dari hari ini selasa, 7 februari sampai dengan senin, 20 februari 2023.