Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2023

Persiapan Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Belu Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2023

Dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru), Kepolsian Negara Republik Indonesia secara terpusat menggelar operasi Lilin 2023.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Kepolisian Resor Belu bersama instansi terkait melaksanakan apel gelar pasukan operasi Lilin Turangga 2023 di halaman apel Mapolres Belu, kamis (21/12/2023).

Apel gelar pasukan yang dimulai pukul 08.00 wita, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang didampingi Bupati Belu yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Belu, Nikolaus Umbu K. Birri dengan Perwira apel, Kabag Ops,AKP I Nengah Sutawinaya, SH dan komandan apel,  Kasat Lantas, IPTU Marthen Luther Petterson, SH.

Membacakan amanat tertutlis Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Kapolres Belu mengungkapkan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel, maupun sarpras yang digunakan selama pelaksanaan operasi. Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (Nataru) dapat berjalan optimal.

Hal tersebut penting lanjut Kapolres, karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

"Pengamanan Nataru merupakan tugas  rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas tetapi harus tetap direncanakan, dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok," tuturnya.

"Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024"tambah Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengatakan, dalam operasi ini melibatkan lebih dari 129.000 personel dan menempatkan mereka pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjaga keamanan di 49.676 objek pengamanan.

Pada sisi Kamseltibcarlantas, Polri dan stakeholder terkait telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama yang mencakup pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan. Langkah-langkah ini bertujuan untuk meminimalkan kemacetan, terutama di jalur menuju objek wisata. Disarankan pula untuk menyediakan kantong parkir yang memadai dan mengatur jalur keluar masuk secara efisien.

"Pengamanan ibadah Natal, penanggulangan terorisme, dan pengamanan perayaan malam tahun baru menjadi fokus pada sisi kamtibmas. Sterilisasi lokasi ibadah, keterlibatan ormas keagamaan, dan penjagaan ketat di pusat keramaian menjadi langkah-langkah preventif. Patroli jalan kaki dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan"tutur Kapolres Belu.

Dalam menghadapi potensi bencana alam lanjut Kapolres Belu, Polri bersama stakeholder mempersiapkan tim tanggap bencana dan sarana prasarana pendukung di jalur rawan longsor, pelabuhan, dan lokasi wisata alam. Monitoring ketersediaan pasokan dan fluktuasi harga barang pokok dilakukan untuk menghindari penimbunan stok oleh pelaku usaha.

"Pentingnya sinergi dan soliditas dalam pelaksanaan tugas ditekankan, di samping optimalisasi fungsi command center yang dilengkapi teknologi modern. Strategi komunikasi publik menjadi kunci dalam menyampaikan kebijakan dan perubahan arus lalu lintas, dengan tujuan memberikan informasi yang baik kepada masyarakat"pungkas Kapolres Belu.

Mengakhiri amanatnya yang dibacakan Kapolres Belu,  Kapolri mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel dan pihak terkait yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Lilin 2023.

"Tetap senantiasa menjaga kesehatan dan menjadikan pengamanan Nataru sebagai kebanggaan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan menyelimuti seluruh rakyat Indonesia"pungkas Kapolres Belu.

Apel gelar pasukan ini ditandai dengan pemasangan pita secara simbolis kepada perwakilan serta pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Belu yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Kabupaten Belu.

Hadir dalam apel gelar pasukan pagi tadi antara lain Dandim 1605 – Belu yang diwakili Kasdim, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua, Wakapolres Belu, Dansub Den pom IX Atambua, Danki III Yon A Pelopor Atambua serta Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Belu.

Hadir juga Kabag Ops, Kabag Ren, para Kasat, Perwira Staf, Kapolsek Jajaran, Kepala Jasa Raharja, Kepala UPTD Atambua, perwakilan Tokoh Agama, tokoh masyarakat serta Insan Pers.

Sementara barisan apel terdiri dari barisan Staf Polres Belu, Kodim 1605 Belu, Kompi 3 Den A Pelopor Brimob Atambua, Subdenpom IX/1-3 Atambua, Dishub kabupaten Belu, Sat Pol PP kabupaten Belu, BPBD Belu, Senkom Polri serta barisan ormas IKS kabupaten Belu.