Pengamanan Pekan Suci Paskah 2024, Kapolres Belu: Puji Tuhan Ibadah Berjalan Aman, Lancar dan Kondusif

Pengamanan Pekan Suci Paskah 2024, Kapolres Belu: Puji Tuhan Ibadah Berjalan Aman, Lancar dan Kondusif
Kapolres Belu saat melakukan pemantauan pengamanan Misa Sabtu Aleiluya di gereja Katedral Atambua, sabtu 30 maret 2024

Pekan Suci merupakan peringatan dan perayaan atas peristiwa sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus Kristus, yang menjadi inti iman Kristiani. Pekan Suci dimulai dengan Minggu Palma dan mencapai puncaknya pada Paskah Kebangkitan Tuhan.

Perayaan Pekan Suci Paskah tahun 2024 di wilayah hukum Polres Belu, berlangsung aman dan lancar di tengah-tengah penjagaan ekstra ketat dari aparat Kepolisian Resor Belu didukung Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Atambua serta Instansi terkait yakni TNI, Dishub darat, Sat Pol PP, serta Orang Muda Katholik, THS dan THM.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Humas, pelaksanaan ibadah minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, sabtu suci, minggu Paskah serta Paskah kedua, senin (1/4/2024) hari ini berlangsung dengan penuh ketenangan dan kedamaian.

Selain melakukan pengamanan Gereja pagi dan sore, anggota Polres Belu juga melaksanakan patroli untuk menjaga situasi aman dan kondusif sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah misa.

Keseriusan Polri dalam menjamin keamanan saat ibadah misa juga ditunjukkan dengan melakukan sterilisasi di Gereja-gereja besar yang ada di Atambua 

Pengamanan yang dilakukan ini kata Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K , bertujuan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman untuk umat yang melaksanakan Ibadah Misa serta melancarkan arus lalu lintas.

“Dimulai dari minggu Palma hingga Paskah kedua hari ini, Di Gereja-gereja Kita isi dengan personil Polri dan yang beragama Nasrani pun Kita libatkan. Sambil ibadah, mereka juga memantau situasi di sekitar Gereja dan umat yang mengikuti ibadah”jelas Kapolres Belu.

“Kalau umat mengikuti misa dengan penuh ketenangan tanpa ada gangguan, baik dari dalam maupun dari luar Gereja maka Kita akan dianggap berhasil menciptakan situasi kondusif. Dan dari laporan yang Saya terima serta pengecekan langsung dilapangan, puji Tuhan pelaksanaan Ibadah berjalan aman, lancar dan kondusif”pungkas Kapolres Belu.

Kaitan dengan pelaksanaan tugas tersebut, Kapolres Belu sebelumnya berpesan anggotanya untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas serta lebih meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

“Tugas kita adalah untuk melindungi, mengayomi dan melayani Masyarakat. Apresiasi yang tinggi Saya berikan kepada anggota Kita di lapangan yang ikhlas dan tetap semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, ucapnya.

"Dan Saya juga berpesan kepada rekan-rekan yang dilapangan, supaya tetap mengutamakan keselamatan diri saat bertugas maupun aktivitas lainnya karena kondisi hujan yang belum kunjung reda rentan dengan jalan licin yang bisa menyebabkan kita kecelakaan lalu lintas"pungkas Kapolres Belu.