Operasi Lilin 2022, Kapolres Belu: 405 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Tapal Batas RI-RDTL

Operasi Lilin 2022, Kapolres Belu: 405 Personel Gabungan Siap Amankan Nataru di Tapal Batas RI-RDTL

Dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan masyarakat dalam perayaan ibadah Natal 2022 dan tahun baru 2023, Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Polres Belu selama 11 (sebelas) hari akan menggelar operasi Lilin Turangga 2022.

Kaitan dengan operasi Lilin yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia, Polres Belu telah mempersiapkan secara matang pengamanan di wilayah kabupaten Belu yang berbatasan dengan negara RDTL (Timor Leste), baik persiapan personil, sarana dan prasarana maupun pola pengamanannya.

Hal ini disampaikan Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, saat ditemui awak media di lobby Mapolres usai pelaksanaan apel gelar pasukan operasi Lilin Turangga 2022, kamis (22/12/2022).

Dijelaskan Kapolres Belu, dalam operasi Lilin Turangga tahun ini, jumlah personel gabungan yang dilibatkan sebanyak 405 orang yang terdiri dari 240 personel Polres Belu dan didukung 165 personil dari instansi terkait.'

"Dalam pengamanan Nataru kali ini, kita juga didukung rekan-rekan dari Kodim 1605 Belu, Dishub Darat, Sat Pol PP, BPBD, SAR Atambua, dinas kesehatan,Senkom Polri, angkasa pura serta didukung Orang Muda Katholik, Pemuda Kristen, remaja Mesjid dan THS/THT"ungkap Kapolres Belu.

"Ratusan personil gabungan ini nantinya bersinergi melaksanakan pengamanan di gereja saat pelaksanaan ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata, Bandara, pelabuhan serta titik-titik perbatasan wilayah Kabupaten Belu. Kemudian juga kita ada namanya peleton siaga, yang nantinya secara rutin melaksanakan patroli dialogis khususnya di jam-jam rawan kamtibmas "pungkas Kapolres Belu.

Masih terkait pengamanan dalam operasi Lilin 2022, orang nomor satu di Polres Belu ini mengungkapkan, pihaknya akan mendirikan Pos PAM, Pos Pelayanan dan Pos PAM Terpadu di sejumlah titik, untuk memantau aktivitas masyarakat yang akan beribadah dan merayakan libur natal dan tahun baru.

"Kita akan bangun beberapa pos antara lain Pos Pam dengan lokasi di Gereja Katedral dan simpang lima, kemudian Pos pelayanan berada di bandara dan pasar baru serta Pos terpadu di perbatasan PLBN ini kerjasama dengan Satgas Pamtas untuk mengantisipasi warga yang keluar masuk Timor Leste" urai Kapolres Belu.

"Nanti juga di tempat wisata seperti di wilayah kakuluk mesak, lamaknen dan juga lasiolat, akan kita isi personil yang didukung rekan-rekan dari instansi terkait untuk memantau aktivitas warga di lokasi wisata untuk mencegah segala bentuk gangguan kamtibmas"pungkas Kapolres Belu.

Doorstop Kapolres Belu dengan awak media pagi tadi juga dihadiri Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Lantas dan Kasi Propam Polres Belu.

Untuk diketahui, operasi Lilin Turangga 2022 sendiri akan dilaksanakan selama 11 (sebelas) hari, mulai tanggal 23 Desember 2022 s/d 02 Januari 2023.

Operasi ini mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.