Matangkan Persiapan Operasi, Polres Belu Undang Instansi Terkait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2022

Matangkan Persiapan Operasi, Polres Belu Undang Instansi Terkait Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Turangga 2022

Menjelang dilaksanakannya operasi Lilin Turangga 2022, Kepolisian Resor Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, selasa (20/12/2022).

Rapat lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2023 (Nataru), dipimpin Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K, didampingi Bupati Belu diwakili oleh Kaban Kesbangpol, Apolinaris dan Dandim 1605 Belu dalam hal ini diwakili Danramil 01 Atambua Mayor inf Y. Yonathan.

Saat membuka kegiatan pagi tadi pukul 09.00 Wita, Kapolres Belu mengatakan, tujuan digelarnya rapat ini untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanaan masyarakat dalam perayaan Nataru.

"Rakor ini setiap tahunnya rutin kita gelar sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi"ungkap Kapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya ops lilin yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya" lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, Kapolres Belu mengatakan, sasaran dalam operasi ini bukan saja tempat atau rumah ibadah, tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas seperti di pasar baru dan obyek-obyek vital yang ada di wilayah kabupaten Belu.

Kapolres Belu saat membuka kegiatan rakor lintas sektoral di aula Wira Satya Polres Belu

Untuk itu diharapkan, semua stakeholder yang terlibat dapat bersinergi dan berkolaborasi secara baik, sehingga tujuan daripada operasi lilin ini dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Selain pengamanan Gereja, ada beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian Kita di libur panjang ini seperti pelabuhan, tempat wisata dan juga pusat perbelanjaan. Yang tentunya aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari kita semua dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas "ungkap Kapolres Belu.

"Dan juga kita ketahui, beberapa waktu lalu terjadi kasus teror bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar Jawa Barat. Harapan kita, kasus teror bom tidak terjadi di wilayah Kita saat perayaan Nataru nanti. Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan untuk kita bersinergi dan berkolaborasi, memastikan keamanan saat perayaan Nataru"pungkas Kapolres Belu.

Usai dibuka Kapolres Belu, kegiatan rapat lintas sektoral yang digelar di aula Wira Satya,dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu, AKP I Nengah Sutawinaya, SH, sesi diskusi dan ditutup dengan penekanan serta arahan Kapolres Belu sekaligus menutup kegiatan rapat koordinasi.

Rapat lintas sektoral operasi Lilin Turangga 2022 ini, dihadiri Wadan Yonif Raidersus 744/SYB, Para Kabag,Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu, para tokoh Agama serta pejabat dari instansi Vertikal kabupaten Belu.

Untuk diketahui, operasi Lilin Turangga 2022 sendiri akan dilaksanakan selama 11 (sebelas) hari, mulai tanggal 23 Desember 2022 s/d 02 Januari 2023.

Operasi ini mengedepankan satgas preemtif, preventif, kamseltibcar lantas, penegakkan hukum dan bantuan operasi, dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten Belu dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.