Matangkan Kesiapan Ops Keselamatan Turangga 2023, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi

Matangkan Kesiapan Ops Keselamatan Turangga 2023, Polres Belu Gelar Latihan Pra Operasi

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Belu mulai tanggal 7 sampai 20 februari 2023 akan melaksanakan operasi keselamatan Turangga 2023.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Polres Belu menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang berlangsung di aula Wira Satya lantai 2, kamis (02/02/2023).

Latihan Pra Ops Keselamatan yang dilaksanakan pagi tadi pukul 09.00 wita, mengusung tema “Melalui Latihan Pra Operasi Kepolisian, Polri Siap Meningkatkan Kesadaran & Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Menjelang Bulan Puasa dan Idul Fitri 144 H tahun 2023”.

Saat memimpin kegiatan tersebut, Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, SH mengatakan, lat pra ops bertujuan untuk menyamakan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, mantan Kasat Binmas Polres Belu ini menekankan semua Kasatgas dan anggota yang terlibat dalam operasi, serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

“Saya minta rekan-rekan serius dalam latihan ini. Para instruktur yang memberikan paparan, agar betul-betul menyampaikan target, sasaran, cara bertindak sehingga anggota mengerti apa tugasnya dan bertanggung jawab pada siapa” kata Kabag Ops.

"Kalau rekan-rekan memahami dengan benar, maka dapat bertindak sesuai dengan sasaran maupun target operasi. Dan juga antara satgas harus berkoordinasi secara baik agar tidak terjadi miss komunikasi dilapangan"tambah Kabag Ops.

Lebih lanjut, Kabag Ops menjelaskan, operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak underestimed dengan selalu mempedomani petunjuk, cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi Keselamatan.

"Dan perlu rekan-rekan ketahui, operasi yang akan kita laksanakan selama 14 hari nantii tidak jauh beda dengan tahun lalu dimana selain meminimalisir kemacetan lalu lintas, kita juga berkewajiban meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menekan kecelakaan lalu lintas"jelas Kabag Ops.

"Jadi Saya minta pahami betul sasaran operasi, laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh. Namun upayakan selalu melalui pendekatan humanis. Laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik, baik secara langsung di jalan raya, sekolah-sekolah maupun memanfaatkan media sosial "pungkas Kabag Ops.

Kegiatan yang diikuti sejumlah Perwira Staf dan Brigadir yang terlibat dalam operasi Keselamatan Turangga 2023 ini juga diisi dengan paparan dari para Kasat Lantas polres Belu.