Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Hadiri Launching Tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu 2024

Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak Hadiri Launching Tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu 2024
Kapolres Belu saat menerima Plakat dan Buku Saku Tahapan Pilkada di acara Launching Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu T.A 2024

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K menghadiri acara tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu pada Pilkada Serentak 2024, senin 29 april 2024.

Acara yang berlangsung di lapangan umum Simpang Lima Atambua ini dihadiri Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Forkopimnda Plus kabupaten Belu, Sekda Belu, Ketua KPUD Belu, Komisioner serta Staf KPUD Belu, serta Bawaslu kabupaten Belu.

Hadir juga di acara yang berlangsung pukul 19.00 wita ini yakni Pimpinan partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Ormas, Insan Pers serta tamu undangan lainnya.

Dari pantauan Humas dilapangan, Acara launching tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu diawali dengan penampilan tarian khas dari kabupaten Belu yakni tarian sanggar Likurai oleh siswi SMA Taruna Mandiri Fatubenao dan doa bersama yang dihantar oleh Romo Diki Mau Leto Pr.

Acara launching juga ditandai dengan penyerahan plakat dan buku saku tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2024 kepada Bupati Belu, Kapolres Belu, Kajari Belu, Ketua KPU Provinsi NTT, Ketua Bawaslu Belu dan Dandim 1605 Belu.

Usai acara launching, ribuan masyarakat yang memadati lapangan umum Atambua disuguhkan dengan live music yang dimeriahkan oleh penampilan artis asal Maluku, Fresly Nikijuluw. 

Terkait dengan launching tersebut, Kapolres Belu mengatakan pihaknya (Polri) akan mendukung pelaksanaan tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu tahun 2024.

"Seperti pelaksanaan Pemilu serentak yang baru saja selesai di helat, tentu dalam pelaksanaannya (tahapan Pilkada), Kita akan bekerja sama aktif dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pilkada serentak 2024," katanya.

"Kita juga akan mempersiapkan dan mengantisipasi segala potensi spektrum ancaman yang terjadi pada setiap tahapan pilkada. Setiap penahapan sudah dianalisis memiliki spektrum ancaman gangguan kamtibmas yang berbeda. Untuk itu, pelibatan kekuatan Polri akan berbeda-beda, demikian pula sarana dan prasaran yang digunakan, jumlahnya juga berbeda," tambah Kapolres Belu.

Untuk diketahui, guna menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan launching yang berlangsung dari pukul 19.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita, Polres Belu didukung Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu dan Kodim 1605 Belu melaksanakan pengamanan ketat di luar dan lapangan umum Atambua.

Pengamanan ini sendiri dipusatkan di jalur simpang lima, Telkom, hotel Liurai, simpang pohon beringin, empat sudut panggung serta tenda VIP.

Masing-masing titik dipimpin oleh seorang Perwira yang dilengkapi dengan alat komunikasi dan untuk pintu masuk dan parkiran dijaga ketat aparat untuk mencegah adanya pungutan liar dan juga masyarakat yang berniat melakukan pencurian atau pengrusakan kendaraan bermotor.