RAT Tutup Buku 2021, Kapolres Belu Ajak Anggota Berperan Aktif Majukan KSU Bhayangkara

RAT Tutup Buku 2021, Kapolres Belu Ajak Anggota Berperan Aktif Majukan KSU Bhayangkara

Kepolisian Resor Belu menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Serba Usaha Bhayangkara yang diselenggarakan secara terbatas di Aula Wira Satya lantai 2 Polres Belu, sabtu (26/3/2022).

Kegiatan RAT yang dimulai pukul 09.00 wita pagi tadi, dihadiri Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K,  Sekretaris Dinas Koperasi kabupaten Belu, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, pengurus koperasi dan perwakilan anggota yang berjumlah 40 orang.

Saat membuka kegiatan tersebut, Kapolres Belu menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap jajaran pengurus yang telah memajukan Koperasi serba usaha Polres Belu, terutama di bidang usaha dan di bidang kelembagaannya.

Dirinya berharap, keberadaan koperasi serba usaha yang sudah berkembang dengan bagusnya, mampu membantu anggotanya dalam mengatasi kesulitan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota Polres jajaran.

"Hari ini kita melaksanakan RAT. Saya kemarin sudah dilaporkan secara garis besarnya dimana koperasi ini memiliki anggaran 1 milyar lebih. Jujur saya bangga dengan progresnya karena tidak semua Polres memiliki koperasi yang maju dan tidak semua Polres memiliki anggaran yang besar. Mungkin bapak sektretaris dinas koperasi,  hal ini bisa dilaporkan ke Kepala dinas koperasi Belu bahwa organisasi di Polres Belu seperti ini . Apakah beliau menilai bagus atau kurang kami mohon sarannya"kata Kapolres Belu.

"Untuk Keuangan yang sudah ada ini, harus terus diputar dalam bentuk barang dan simpan pinjam. Dengan begitu, maka koperasi akan semakin berkembang dan keberadaannya mampu meningkatkan kesejahteraan anggota Kita. Saya juga ingatkan ke teman-teman bahwasanya koperasi ini ada, bisa bertumbuh kalau kita ada peran di dalam situ dengan cara kita berbelanja kebutuhan di koperasi maupun pinjam uang. Dan itu juga membawa manfaat buat rekan-rekan dengan semakin banyak SHU yang diterima dibandingkan rekan-rekan belanja atau pinjam uang di tempat lain "jelas Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu menekankan, untuk menggerakkan organisasi ini secara baik, pengurusan dan pengawas harus bertanggung jawab, transparan dan akuntabel serta amanah dalam menjalankan tugasnya.

"Saya harapkan koperasi kita ini bisa terus tumbuh dengan baik. Mungkin ada beberapa yang perlu diterapkan lagi khususnya tentang aturan simpan pinjam karena kita ini anggota Polri yang tidak selamanya tetap disini,pasti kita akan melaksanakan mutasi. Harus dibuat betul suatu kesepakaatan sehingga anggota bisa menjalankan kewajibannya. Jangan sampai nantinya anggaran atau modal-modal yang sudah kita kumpulkan dibawa oleh anggota keluar daerah tanpa mengembalikan modal dan itu akan menjadi kredit macet"pesan Kapolres Belu.

"Dan Saya minta kepada Ketua koperasi, Rapat anggaran tahunan ini setiap tahunnya harus terus digelar sebagai wahana mengevaluasi segala kegagalan maupun keberhasilan program yang dijalankan pada tahun lalu Karena dengan evaluasi yang jujur dan transparan diharapkan hasilnya dapat dijadikan sebagai landasan untuk merancang program dan kebijakan ke depan, sehingga mampu memberikan manfaat besar bagi seluruh anggota"pungkas Kapolres Belu.

Pada rapat ini, Ketua Koperasi Serba Usaha Polres Belu, IPTU I Ketut Karnawa, SH menyampaikan pertanggung jawaban para pengurus kepada para anggota tentang hasil pelaksanaan kerja selama tahun yang sudah berjalan di tahun 2021 dilanjutkan dengan dengan pembubaran pengurus lama dan pemilihan pengurus baru.

Selesai RAT,acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua KSU Yang baru untuk periode 2022 s/d 2023. Dan yang terpilih sebagai Ketua KSU untuk periode tersebut adalah AKP Filomena Bene Bere, SH.