Jelang Idul Fitri, Polres Belu Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Turangga 2024

Jelang Idul Fitri, Polres Belu Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat Turangga 2024

Menjelang bergulirnya operasi Ketupat Turangga 2024, Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H, senin (1/4/2024).

Rapat yang dilaksanakan di aula Wira Satya Polres Belu, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K yang didampingi Bupati Belu yang diwakili Asisten I, Nikolaus Umbu K. Birri, Dandim 1605 Belu, Letkol A.rh Suhardi S. T serta Danyon 744/SYB Letkol Inf Imam Subekti SE, M.iP.

Saat membuka kegiatan tersebut pukul 09.45 Wita, Kapolres Belu mengatakan, tujuan digelarnya rapat ini untuk menyamakan persepsi dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanaan masyarakat dalam perayaan Nataru.

"Rakor ini setiap tahunnya rutin kita gelar sebagai langkah menyatukan persepsi bagaimana cara serta langkah-langkah yang perlu di ambil dan dilaksanakan pada saat mulai operasi Ketupat tahun ini"tutur Kapolres Belu,\.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan supaya hal-hal yang kurang, dapat diperbaiki dan ditambahkan demi terselenggaranya operasi Ketupat yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya" lanjut Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, Kapolres Belu mengatakan, sasaran dalam operasi ini bukan saja masjid atau tempat dilaksanakannya Sholat Idul Fitri tetapi juga di lokasi yang berpotensi mengganggu kamtibmas seperti di pasar baru dan obyek-obyek vital yang ada di wilayah kabupaten Belu.

Untuk itu diharapkan, semua stakeholder yang terlibat dapat bersinergi dan berkolaborasi secara baik, sehingga tujuan daripada operasi lilin ini dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Selain pengamanan Masjid dan titik Sholat Idul Fitri, ada beberapa lokasi yang perlu menjadi perhatian Kita di libur panjang ini seperti pelabuhan, tempat wisata dan juga pusat perbelanjaan. Yang tentunya aktivitas masyarakat semakin meningkat sehingga diperlukan kerja sama yang baik dari kita semua dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas "ungkap Kapolres Belu.

"Sehingga diharapkan dalam kegiatan Rakor ini, saran masukan dari seluruh undangan yang hadir, sangat diperlukan untuk kita bersinergi dan berkolaborasi, memastikan keamanan saat perayaan lebaran tahun ini:pungkas Kapolres Belu.

Usai dibuka Kapolres Belu, kegiatan rapat lintas sektoral yang digelar di aula Wira Satya,dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Belu dilanjutkan sesi tanya jawab, diskusi dan ditutup dengan penekanan serta arahan Kapolres Belu sekaligus menutup kegiatan rapat koordinasi.

Rapat lintas sektoral ini juga dihadiri Wakapolres Belu, Danki Brimob Atambua, para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Belu,Kaban Kesbangpol, Kepala Bandara, Ketua PHBI, Ketua MUI, Ketua Takmir Masjid serta sejumlah pejabat dari instansi Vertikal kabupaten Belu.