Jamin Situasi Kondusif, Polres Belu Kawal dan Amankan Pawai Obor Malam Takbiran Sambut Idul Fitri 1444 H

Jamin Situasi Kondusif, Polres Belu Kawal dan Amankan Pawai Obor Malam Takbiran Sambut Idul Fitri 1444 H

Ratusan Umat Islam Kota Atambua, Kabupaten Belu pada jumat (21/4/2023) malam menggelar pawai obor malam takbiran guna menyambut datangnya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H yang jatuh pada sabtu, 22 april 2023.

Pelaksanaan Pawai obor di wilayah tapal batas RI-Timor Leste ini berlangsung usai sholat Isya sekitar pukul 19.50 wita, dengan titik kumpul di depan Mesjid Al-Mujahiddin Atambua.

Peserta Pawai dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Belu Drs Aloysius Haleserens MM, yang didampingi Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak S.I.K, Dandim 1605 Belu, Letkol Arh. Suhardi., ST, Kepala Kejaksaan Negeri Atambua Bpk Samiaji Zakaria SH.MH serta Ketua MUI Kabupaten Belu sekaligus sebagai Ketua PHBI, Abdullah Belajam S.Pd.

Hadir juga Kaban Kesbangpol Kab Belu, Ketua Pengadilan Agama Atambua, Danki Kikav KKA, Romo Dr Januarius Seran Pr, Para Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral (Stipas) TTU, Osis Semenari Lalian Nenuk Kab Belu serta Para Imam Masjid Se Kabupaten Belu.

Pawai obor keliling yang dilakukan dengan berjalan kaki ini tidak hanya terdapat iring-iringan obor, namun juga terdapat iring-iringan mobil serta sepeda motor yang ikut serta meramaikan pawai obor.

Selepas dari depan mesjid Al-Mujahiddin, peserta pawai belok kanan menuju Telkom, Dunia Ria, Apotik Suber Sehat, Gereja Policarpus, Angkasa Ria dan kemudian belok kanan menuju pasar baru.

Sampai di simpang 3 pos polisi pasar baru, peserta pawai obor lalu belok kanan menuju cabang swalayan Timor Angkasa lalu bergerak lurus menuju persimpangan rumah jabatan Bupati Belu.

Dari persimpangan rumah jabatan Bupati, peserta pawai obor belok kanan ke arah PLN, lurus menuju simpang mangga dua dan finish kembali di Masjid Al-Mujahiddin.

Pelaksanaan pawai obor dari titik star hingga finish dikawal ketat personel Sat Lantas dan Samapta Polres Belu.

Titik-titik/ruas jalan yang dilintasi peserta pawai obor diisi oleh anggota Polres Belu yang didukung personel TNI Kodim 1605 Belu, Sat Pol PP serta organisasi Pemuda Lintas Agama.

Pelaksanaan pawai obor untuk pertama kalinya di kabupaten Belu ini berlangsung hingga pukul 21.00 wita dalam situasi aman dan lancar.