H-2 Coblos, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Lepas Personil Pengamanan TPS

H-2 Coblos, Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh Lepas Personil Pengamanan TPS

Kepolisian Resor Belu menggelar apel pengecekan sekaligus pergeseran pasukan yang melaksanakan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah kabupaten Belu, senin (7/12/2020).

Apel persiapan akhir pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 pukul 08.00 WITA, dipimpin Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si , yang dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, para pejabat utama, para Pamatwil, para Kapolsek jajaran serta seluruh personil pengamanan TPS.

Dalam arahannya pagi tadi, Kapolres Belu kembali menegaskan kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan TPS, untuk melaksanakan tugas dengan serius, disiplin dan penuh rasa tanggung jawab agar pelaksanaan pencoblosan, berjalan dengan aman dan lancar.

"Hari ini juga saya perintahkan semuanya langsung berangkat ke TPS nya masing-masing, karena hari ini sudah mulai di lepas logistik pemilu ke kecamatan-kecamatan. Silakan Pamatwil bertanggung jawab dengan Anggotanya. Untuk pergeseran logistik dari PPK ke TPS harus dikawal sama rekan-rekan "kata Kapolres Belu.

"Saya minta rekan-rekan betul disiplin dan bekerja sesuai SOP. Pada saat selesai perhitungan suara, agar betul-betul dikawal dan jangan tinggalkan sampai dengan kotak suara bergeser dari TPS ke PPK"tegas Kapolres Belu.

"Nanti Kapolsek dan juga Pamatwil, tunjuk anggota untuk bertugas di PPK sampai dengan selesai pleno disana. Rekan-rekan harus betul-betul mengawal agar Pilkada ini aman dan jauh dari potensi kecurangan "pungkas Kapolres Belu.

Masih dalam arahannya, Kapolres Belu juga mengimbau seluruh personil untuk segera mengetahui keberadaan TPS dan menjalin koordinasi dengan sesama petugas maupun dengan para tokoh yang tinggal di wilayah TPS.

"Segera ketahui TPSnya dan jalin koordinasi dengan Linmas, kepala desa, dan para tokoh yang ada di wilayah TPS"kata Kapolres Belu.

"Kalau kordinasinya bagus maka akan memudahkan rekan-rekan dalam berkomunikasi bilamana terjadi permasalahann. Ingat, tugas mulia ini akan dicatat oleh Tuhan sebagai amal ibadah. Sekali lagi Saya tekankan, bekerjalah sesuai SOP, pastikan masyarakat merasa nyaman dalam memberikan hak suaranya dan pemilu serentak ini berjalan dengan aman"lanjut Kapolres Belu.

Apel pergeseran pasukan yang berlangsung di halaman Mapolres Belu, dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, para pejabat utama, para Kapolsek serta seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS di wilayah kabupaten Belu.

Untuk diketahui, sebanyak 1467 personil dilibatkan dalam pengamanan pemungutan suara pilkada Belu tahun 2020, terdiri dari 394 personil Polres Belu, 25 personil BKO Mabes Polri dari Brimob Nusantara dan 61 personil BKO Polda NTT.

Kemudian ditambah 135 personil TNI serta 852 personil linmas untuk mengamankan sebanyak 118.005 orang pemilih yang tersebar pada 426 TPS di kabupaten Belu.