Dukung Penguatan Ekspor di Kawasan Perbatasan, Kapolres Belu Bersama Ketua Bhayangkari Hadiri Launching Atambua International Expo 2023

Dukung Penguatan Ekspor di Kawasan Perbatasan, Kapolres Belu Bersama Ketua Bhayangkari Hadiri Launching Atambua International Expo 2023

Kepala Kepolisian Resor Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak,S.I.K didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.Vonny Richo Simanjuntak, menghadiri launching Atambua International Expo 2023, selasa 25/7/2023.

Acara yang berlangsung di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di desa Silawan ini dihadiri Duta Besar KBRI Dili, Duta Besar Nigeria Untuk Indonesia,Direktur Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Direktur Fasilitas Kepabeanan Kantor Pusat Bea Cukai Jakarta dan Kasubdit Spesial ZEK Kantor Pusat Bea Cukai Jakarta.

Hadir juga Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Kakanwil Bea Cukai Bali Nusra, Kepala Seksi Fasilitas Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, Pelaksana Kanwil Bea Cukai Bali Nusra, Perwakilan Forkopimnda Plus kab.Belu serta pejabat penting lainnya dari Indonesia dan Timor Leste.

Dari pantauan Humas di lapangan, acara Atambua International Expo 2023 ditandai dengan pelepasan ekspor oleh Perumda Belu Bhakti dengan tujuan ekspor Bobonaro, Timor Leste dengan nilai ekspor mencapai 30.000 USD.

Usai pelepasan Ekspor, acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh seluruh instansi yang diundang sebagai simbol dibukanya kegiatan Atambua International Expo 2023 dan dilanjutkan dengan pertemuan bisnis (business gathering) antara pelaku usaha Indonesia dan Timur Leste.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu bersama Ketua Bhayangkari serta para pejabat VIP yang hadir, mengunjungi Stand Expo yang diikuti oleh para pelaku UMKM dan Eksportir baik dari Indonesia dan Timor-Leste.

Terkait dengan kegiatan tersebut, Kapolres Belu menyampaikan kepolisian siap mendukung segala bentuk program Pemerintah Pusat dan Daerah dengan memastikan kegitan tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Atambua International Expo menjadi salah satu upaya penguatan ekspor di kawasan perbatasan Indonesia dan Timur Leste. Bisa kita lihat banyak produk-produk yang akan dipamerkan seperti mebel, ikan hias dan akuarium, bahan bangunan, sepeda motor, kendaraan bermotor lainnya, ban kendaraan bermotor, semen, minyak goreng, peralatan komputer, alat pertanian, makanan khas, kerajinan dan banyak lagi"ungkap Kapolres Belu.

"Kegiatan seperti ini tentunya kami dari kepolisian mendukung dengan memberikan jaminan keamanan sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Dengan kegiatan seperti ini para pelaku ekspor semakin termotivasi untuk meningkatkan volume dan nilai ekspor ke Timor Leste,meningkatkan daya saingnya, sekaligus semakin memahami peraturan ekspor yang ada di Indonesia dan di Timor Leste"pungask Kapolres Belu.