Disiplinkan Masyarakat dalam Berlalu Lintas, Polres Belu Segera Gelar Operasi Patuh Turangga 2023

Disiplinkan Masyarakat dalam Berlalu Lintas, Polres Belu Segera Gelar Operasi Patuh Turangga 2023

Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Belu mulai tanggal 10 sampai 23 juli 2023 akan melaksanakan operasi Patuh Turangga 2023.

Berkaitan dengan kesiapan operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini, Polres Belu menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang berlangsung di aula Wira Satya lantai 2, jumat (7/7/2023).

Latihan Pra Ops Patuh yang dilaksanakan pagi tadi pukul 09.00 wita, dipimpin Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan, S.I.P yang dihadiri seluruh peserta yang terlibat dalam operasi tersebut.

Saat membuka kegiatan tersebut, Wakapolres Belu menuturkan, operasi Patuh ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak underestimed dengan selalu mempedomani petunjuk, cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi Patuh kali ini.

"Dan perlu rekan-rekan ketahui, operasi yang akan kita laksanakan selama 14 hari nanti tidak jauh beda dengan tahun lalu dimana selain meminimalisir kemacetan lalu lintas, kita juga berkewajiban meningkatkan disiplin masyarakt" tutur Wakapolres Belu.

"Jadi Saya minta pahami betul sasaran operasi, laksanakan operasi secara maksimal dan sungguh-sungguh. Namun upayakan selalu melalui pendekatan humanis. Laksanakan juga kegiatan sosialisasi dan himbauan secara simpatik, baik secara langsung di jalan raya, sekolah-sekolah maupun memanfaatkan media sosial "pinta mantan Wakapolres Sikka ini.

Dalam pelaksanaannya nanti, selain fungsi Lalu Lintas yang dikedepankan, Satuan fungsi lainnya yang ada di Polres maupun Intansi terkait akan di libatkan dalam operasi ini.

“Jadi dalam operasi ini ada 4 satgas antara lain Satgas Preemtif, preventif, gakkum dan Satgas Ban Ops. Disini Saya tekankan, Dalam pelaksanaan nantinya misalnya ada pelanggaran lalu lintas, lakukan penindakan sesuai dengan aturan bila perlu"pinta Wakapolres Belu.

"Kalau pelanggarannya bersifat ringan, bisa dikasi teguran secara lisan. Kita harus humanis namun tegas dan tidak ada anggota yang nakal di lapangan”tegas Wakapolres Belu.

Kegiatan yang diikuti sejumlah Perwira Staf dan Brigadir yang terlibat dalam operasi Patuh Turangga 2023 ini juga diisi dengan paparan oleh Kasubbagkerma Bagops Polres Belu, AKP Mikhael Mali tentang rencana dan dinamika operasi, pembentukan satuan tugas, tugas satgas serta sistem pelaporan harian satgas dan posko kesatuan atas.

Usai paparan dari Kasubbag Kerma, kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Instruktur latihan dalam hal ini dibawakan KBO Satlantas Polres Belu, IPDA Francisco C.D Santos tentang maping langgar dan laka lantas, target selama kegiatan operasi dan cara bertindak satgas dilapangan baik preemtif, preventif dan gakkum lantas selama operasi.

Latihan pra operasi ini juga dirangkai dengan Praktek 12 gerakan dasar lalu lintas yang dipraktekan oleh BRIPTU Metriana Nahak dan BRIPTU Pande Chintia Dewi.