Jamin Keamanan Ibadah Misa Jumat Agung, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu Lakukan Sterilisasi di Gereja

Jamin Keamanan Ibadah Misa Jumat Agung, Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor Belu Lakukan Sterilisasi di Gereja

Jelang dimulainya misa Jumat Agung di kabupaten Belu, personil Brimob Kompi 3 Batalyon A Pelopor Belu pada jumat (15/4/2022) pagi tadi, melakukan sterilisasi di sejumlah Gereja besar di kota Atambua.

Dari laporan yang diterima Humas, pelaksanaan strerilisasi dilakukan tepat sebelum umat melaksanakan ibadah misa pertama jumat Agung.

Seperti yang dilaporkan oleh Kapos pengamanan Gereja Katedral, anggota Brimob dengan menggunakan alat pendeteksi bahan peledak, mendeteksi Setiap sudut ruangan di dalam dan luar gereja, termasuk tempat bunga, karangan bunga, dan Altar.

Sterilisasi yang dilakukan, kata Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K sebagai langkah preventif pengamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman umat yang melaksanakan Misa.

Dalam pelaksanaan sterilisasi pagi tadi lanjut Kapolres, tidak ditemukan adanya benda mencurigakan ataupun bahan peledak, baik di dalam maupun luar Gereja.

“Ini bentuk langkah preventif Kita agar tidak ada gangguan sekecil apapun saat pelaksanaan Misa. Tidak hanya pagi ini, sterilisasi akan Kita giatkan selama ibadah Pekan Suci Paskah, baik di Gereja besar Katolik maupun Gereja besar Protestan” urai Kapolres Belu.

"Selain jaminan keamanan melalui sterilisasi, Kami dengan didukung rekan-rekan TNI dan instansi terkait lainnya, akan berjibaku memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan ibadah Paskah ini dengan turun pengamanan di gereja-gereja sekaligus mengimbau masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti ibadah. Pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan harus betul-betul dilaksanakan supaya terhindar dari penularan covid-19"pungkas Kapolres Belu.

Pelaksanaan Misa Jumat Agung sebagai bagian dari perayaan pekan suci Paskah tahun 2022 ini, berjalan dengan aman dan lancar.

Hal ini didasari pengamatan langsung Kapolres Belu di lapangan serta laporan yang diterima dari Para Perwira Pengendali dan Kapolsek jajaran, yang mengendalikan pengamanan di setiap tempat ibadah.

"Pelaksanaan Misa jumat Agung pagi hingga menjelang siang tadi, secara umum berjalan kondusif. Penerapan protokol kesehatanpun berjalan dengan baik, umat pakai masker, mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan oleh pihak Gereja dan jaraknya juga diatur"ungkap Kapolres Belu.

"Untuk pengamanan sendiri akan dilanjutkan sore nanti, Harapan kami dan juga seluruh masyarakat, pelaksanaan ibadah hingga minggu Paskah nanti tetap kondusif dan tetap menerapkan protokol kesehatan" pungkas Kapolres Belu.

Untuk diketahui, saat ini Polri bersama segenap jajaran TNI dan stakeholders terkait lainnya, menggelar operasi Semana Santa Turangga, selama 12 hari terhitung dari 8 April s/d 19April 2022.