Operasi Ketupat 2021, Kapolres Belu Imbau Masyarakat Taati Prokes dan Tidak Paksakan Diri Mudik

Operasi Ketupat 2021, Kapolres Belu Imbau Masyarakat Taati Prokes dan Tidak Paksakan Diri Mudik

Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik lebaran Idul Fitri 1442 H.

Substansi dari kebijakan pelarangan mudik oleh Pemerintah yang berlaku mulai tanggal 6 sampai tanggal 17 Mei 2021, dilakukan semata-mata untuk mencegah sekaligus menekan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Hal ini dikatakan Kapolres Belu saat menggelar silaturahmi dengan warga Muslim di Kampung Haekrit, dusun Lalosuk Kec. Tasifeto Timur, Kab. Belu, jumat (7/5/2021).

Kapolres Belu menyampaikan, dalam operasi ketupat Ranakah tahun ini, kepolisian di dukung Instansi terkait memiliki target utama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mencegah masyarakat melaksanakan mudik Lebaran dan penegakan protokol kesehatan.

"Sejalan dengan kebijakan pemerintah ini, kami akan lakukan penyekatan ketat agar tidak terjadi mudik pada masyarakat kita dan penegakan protokol kesehatan dengan terus mengimbau masyarakat untuk selalu pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan menjauhi kerumunan"kata Kapolres Belu.

"Kami harap bapak ibu disini, sampaikan ke keluarga yang dirantauan atau yang mau bepergian keluar kota, supaya ditunda dulu perjalanannya atau mudik. Silaturahmi bersama keluarga bisa kita lewat telepon, video call maupun media sosia, Mari kita Ikhlaskan diri kita, lapangkan dada untuk mengikuti anjuran pemerintah dengan tidak mudik dan mematuhi protokol kesehatan, agar lebaran tahun ini kita tidak terpapar Virus Covid-19"pinta Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, mantan Kapolres Sumba Barat ini menyerahkan bingkisan sembako dan juga beras kepada masyarakat Muslim yang nota bene kurang mampu, anak yatim piatu dan mualaf, yang tinggal di dusun Haekrit.

Kapolres Belu berharap, kiranya bantuan tersebut sedikit tidaknya dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah wabah covid-19.

"Ditengah wabah virus covid-19 ini, Kami terus berupaya membantu sesama dengan menggelar bakti sosial yang tidak saja kepada umat Muslim tapi dengan umat beragama lainnya. Seperti baru-baru ini kami dua kali turun ke desa Tasain, membantu saudara-saudara kita disana yang terdampak banjir bandang" ungkap Kapolres Belu.

"Dan tentunya apa yang kami berikan hari ini, jangan dilihat isinya ataupun harganya, tapi ini semata-mata wujud dan niat kami membantu meringankan saudara-saudari kita yang membutuhkan uluran tangan"tambah Kapolres Belu.

Sejumlah Perwira dan Brigadir yang mendampingi Kapolres Belu dalam kegiatan tersebut antara lain Kasat Lantas, Kanit Turjawali Lantas, Kapolsek Tasifeto Timur dan anggota, Kasi Propam serta anggota Humas.

Dalam kegiatan tersebut, baik Polri maupun warga setempat tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun di tempat yang sudah disediakan sebelumnya.