Dua Hari Turun Operasi, Satgas Ops Keselamatan Polres Belu Gelar Penyuluhan dan Bagi Masker Gratis untuk Pengendara

Dua Hari Turun Operasi, Satgas Ops Keselamatan Polres Belu Gelar Penyuluhan dan Bagi Masker Gratis untuk Pengendara

Dalam rangka pendisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dan upaya pencegahan covid-19, anggota Polres Belu yang terlibat dalam operasi Keselamatan Turangga 2022, dalam dua hari terakhir ini rutin turun ke jalan memberikan penyuluhan tertib berlalu lintas dan imbauan pencegahan covid-19.

Dari pantauan Humas di hari pertama dan kedua operasi, rabu (2/3/2022), anggota Satgas operasi keselamatan baik pagi dan sore, menggelar patroli di seputaran kota Atambua dengan menyisir jalur pertokoan pasar lama, pasar baru, perkantoran hingga batas kota.

Dalam kegiatan tersebut, anggota kepolisian yang mengedepankan fungsi lalu lintas ini, mengajak sejumlah pengendara roda dua dan lebih, untuk mengutamakan keselamatan saat dijalan raya dengan mematuhi rambu lalu lintas serta menggunakan alat keselamatan seperti helm dan sabuk pengaman saat berkendara.

Tim gabungan Polres Belu juga mengimbau pengguna jalan agar saat berkendara selalu melengkapi diri dengan surat kendaraan, tidak menggunakan handphone, menggunakan narkoba / mabuk, tidak berboncengan lebih dari satu serta tidak berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

Selain memberikan imbauan kamseltibcar lantas, tim gabungan Operasi Keselamatan Turangga 2022, membagikan masker secara gratis kepada pengendara dan masyarakat pejalan kaki sekaligus mengimbau mereka untuk selalu mematuhi  protokol kesehatan.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, S.I.K melalui Kasat Lantas,  IPTU Brian Wicaksono, S.T.K., S.I.K menuturkan, imbauan tersebut terus menerus disampaikan pihaknya agar masyarakat patuh berlalu lintas dan sadar akan bahaya dari virus corona.

"Sesuai Jargonnya, operasi keselamatan kali ini mengedepankan tindakan  preemtif, preventif dan persuasif serta humanis.dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dan dalam dua hari ini kita fokus pada imbauan tertib berlalu lintas dan pencegahan covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk disiplin prokes sekaligus membagikan masker kepada pengendara dan pejalan kaki yang kita temukan tidak memakai masker " ujar Kasat Lantas.

"Harapan kita meskipun dalam kondisi pandemi covid-19, masyarakat tetap sehat dan memperhatikan kelengkapan kendaraan serta keselamatan saat berkendara seperti SIM, STNK, menggunakan helm, sabuk pengamanan, tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan lainnya. Dan selama kegiatan dua hari ini, kita di back up rekan-rekan dari jasa raharja dan UPTD Samsat Atambua "pungkas Kasat Lantas.

Untuk diketahui, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara serentak di seluruh indonesia, menggelar operasi keselamatan selama 14 hari, yang dimulai dari selasa, 1 Maret sampai dengan senin, 14 maret 2022.

Ada sembilan sasaran khusus yang menjadi prioritas selama operasi tersebut yakni larangan menggunakan handphone saat berkendara, berbonceng lebih dari satu orang, pengendara yang masih di bawah umur dan berkendara dalam pengaruh alkohol.

Sasaran lainnya, pengendara yang melawan arus, pengendara tidak menggunakan helm SNI, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, ugal-ugalan serta memuat atau mengangkut barang over dimensi / over load.