Tradisi Mandi Kembang dan Semprotan Water Canon Warnai Kenaikan Pangkat Personil Polres Belu dan Brimob

Tradisi Mandi Kembang dan Semprotan Water Canon Warnai Kenaikan Pangkat Personil Polres Belu dan Brimob

Sebanyak 68 personel Polres Belu dan Brimob Kompi 2 Yon A Pelopor Belu, resmi menerima kenaikan pangkat yang ditandai dengan Upacara korps raport Perwira dan kenaikan pangkat Brigadir dan Tamtama Polri, sabtu (2/1/2021).

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan tradisi penyiraman air kembang kepada perwakilan personil yang mendapat kenaikan pangkat oleh Kapolres Belu, disusul Wakapolres serta para pejabat utama Polres Belu.

Selanjutnya Kapolres Belu meminta personil yang baru saja mendapatkan kenaikan pangkat untuk tiarap di lapangan apel Polres Belu.

Berselang beberapa menit, satu unit kendaraan water canon menyeruak ke tengah lapangan. Puluhan anggota yang mendapat kenaikan pangkat inipun langsung diguyur air.

Tak pelak, sorak sorai dan tepuk tangan pun terdengar dari seluruh anggota yang hadir mengikuti Upacara tersebut ketika semprotan air menyasar ke seluruh personil Polres Belu dan Brimob yang ada di tengah lapangan.

Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.S yang didampingi  Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie menyampaikan selamat kepada personel atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas pengabdian selama ini.

Dirinya mengatakan, tradisi yang dilakukan tersebut merupakan kebanggaan dan bentuk motivasi dari pimpinan untuk anak buahnya dengan tantangan tugas dan tanggung jawab yang tentunya akan semakin berat kedepannya.

"ini (tradisi) merupakan kebanggaan dan juga motivasi Pimpinan kepada bawahannya bahwa tantangan kita akan semakin berat kedepannya. Semakin tinggi pangkat kita maka semkain tinggi tanggung jawab kita"kata Kapolres Belu.

Masih dalam sambutannya, mantan Kapolres Sumba Barat ini berharap, dengan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini, bisa membawa berkah tersendiri untuk institusi dan seluruh personil itu sendiri beserta keluarga, dalam meningkatkan kemampuan di bidang tugasnya masing-masing.

"Mudah-mudahan,kenaikan pangkat ini bisa membawa berkah untuk kita semua, secara umum organisasi kepolisian dan secara khusus untuk rekan-rekan sendiri beserta keluarga"kata Kapolres Belu.

"Tentu dengan kenaikan pangkat ini, harapan organisasi ini sendiri dan pimpinan untuk rekan-rekan supaya bisa meningkatkan kemampuan rekan masing-masing baik itu perilaku maupun komptensi di bidang tugas rekan-rekan masing, termasuk rekan-rekan dari Brimob yang bergabung disini, Saya ucapkan selamat atas kenaikan pangkatnya"pungkas Kapolres Belu.

Menutup sambutannya, Kapolres Belu menyampaikan salam hangat untuk seluruh keluarga yang hari ini tidak mendampingi suami maupun istri yang mendapat kenaikan pangkat.

Hal ini dillakukan kata Kapolres, untuk menghindari terjadinya kerumunan seiring dengan kondisi pandemi covid-19.

"Sampaikan salam saya untuk keluarga, karena kita masih masa pandemi covid-19. Yang harusnya istri atau suami diundang untuk mendampingi tapi karena covid-19 jadi tidak kita ikut sertakan dalam upacara ini"ungkap Kapolres Belu.

Upacara yang digelar di lapangan apel Mapolres pagi tadi pukul 08.00 wita, dihadiri Wakapolres, KOMPOL Herman Bessie, para Kabag, Kasat, Wakasubden 2 Pelopor Brimob Belu, Perwira Staf, para Kapolsek jajaran Polres Belu serta Brigadir dan ASN Polri.

Untuk diketahui, adapun rincian personil yang diberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yakni Perwira 11 orang, Brigadir 56 orang dan Tamtama 1 orang.

68 orang personil Polres Belu dan Brimob yang mendapat kenaikan pangkat periode 1 januari 2021 terdiri dari IPTU ke AKP 3 orang, IPDA ke IPTU 8 orang, AIPDA ke AIPTU 9 orang, BRIPKA ke AIPDA 12 orang, BRIGPOL ke BRIPKA 25 orang, BRIPTU ke BRIGPOL 1 orang dan BRIPDA ke BRIPTU 9 orang serta BHARADA ke BHARATU 1 orang.