Tak Kenal Hari Libur, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Gelar Patroli Sembari Ajak Warga Jauhi Penyakit Masyarakat

Tak Kenal Hari Libur, Satgas Ops Bina Kusuma Polres Belu Gelar Patroli Sembari Ajak Warga Jauhi Penyakit Masyarakat

Hari libur biasanya dimanfaatkan sebagian masyarakat dengan berekreasi ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga dirumah.

Tidak demikian yang dilakukan personel Satgas Operasi Bina Kusuma Turangga 2023 Polres Belu, yang di hari ke 11 operasi memilih menggelar patroli dialogis di seputaran kota Atambua, jumat (2/6/2023).

Adapun sasaran patroli yang dilaksanakan saat libur cuti bersama Waisak ini antara lain kompleks pasar lama, pasar baru, jalur batas kota Nenuk serta tempat-tempat yang dianggap rawan kamtibmas.

Dalam patroli dialogisnya sekitar pukul 10.00 wita, anggota Satgas operasi yang dipimpin Kasat Binmas, IPTU Gregorius P.Settu mengimbau masyarakat yang ditemuinya untuk selalu menjaga kamtibmas dan menjauhi berbagai bentuk penyakit masyarakat.

Kasat Binmas yang didampingi Kasubbag Bin Ops, IPTU Profirius Esteves dan Kasi Propam, IPDA Filomeno Soares juga menambahkan,segala bentuk premanisme dan kenakalan remaja yang kerap ditemui di tengah masyarakat hendaknya di berantas karena yang demikian dapat meresahkan orang di sekitarnya serta dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

“Kita tidak bosan-bosannya ajak masyarakat supaya bantu Polisi ciptakan kamtibmas, yah dengan cara menjauhi penyakit masyarakat seperti berjudi, mabuk-mabukkan dan membuat keonaran. Terlebih dalam menyambut hari Bhayangkari 1 juli nanti, Kita ingin situasi terus kondusif”kata Kasat Binmas.

“Kita juga ingatkan ke warga, kalau ada kejadian atau tindak pidana, tolong segera lapor ke Kita biar dengan cepat Kita tindak lanjuti sehingga sebuah kejadian tidak menjadi panjang dan besar”tambah Kasat Binmas selaku Kasatgas Binluh Ops Bina Kusuma.

Imbauan yang disampaikan anggota kepolisian, ditanggapi positif oleh masyarakat yang berjanji akan menjauhi penyakit masyarakat serta membantu kepolisian dengan menyampaikan ke sanak keluarganya agar menjauhi segala bentuk penyakit masyarakat.

Untuk diketahui, Kepolisian Resor Belu dan jajarannya saat ini menyelenggarakan operasi “Bina Kusuma Turangga 2023” yang dilaksanakan selama 14 hari kedepan, terhitung dari dtanggal 23 mei s/d 5 juni 2023.

Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, dalam rangka penanggulangan penyakit masyarakat (pekat) dalam bentuk kenakalan remaja dan premanisme yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban seperti mabuk-mabukkan, geng motor, jambret, penyalahgunaan narkoba, minuman keras, praktek prostitusi dan lainnya.