Jumat Curhat, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan Tampung dan Jawab Curahan Hati dari Masyarakat Tulamalae

Jumat Curhat, Wakapolres Belu, KOMPOL I Putu Surawan Tampung  dan Jawab Curahan Hati dari Masyarakat Tulamalae

Dalam upaya menciptakan kondisi wilayah yang aman serta terwujudnya suatu komunikasi yang baik antara masyarakat dan Polri, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K dalam hal ini diwakili Wakapolres, KOMPOL I Putu Surawan, S.IP, menggelar program jumat curhat di wilayah Atambua, kabupaten Belu, jumat (2/6//2023).

Kegiatan jumat curhat pagi tadi pukul 10.00 wita di aula kantor kelurahan Tulamalae, kecamatan Atambua Barat,dihadiri Lurah Tulamalae, Prisila Bete Berek S.Sos, Kasat Binmas Polres Belu, Kasi Humas Polres Belu dan KBO Lantas Polres Belu.

Hadir juga tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, koordinator Linmas, Bhabinkamtibmas Tulamalae dan Babinsa, serta sejumlah masyarakat kelurahan Tulamalae.

Wakapolres Belu mengungkapkan, jumat curhat yang rutin dilaksanakan setiap minggunya ini merupakan program Polri secara nasional yang bertujuan mendekatkan Polri dengan masyarakat sekaligus menerima usul dan saran dari masyarakat.

"Kegiatan jumat curhat ini merupakan program bapak Kapolri yang tujuannya untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat serta menampung aspirasi dari masyarakat. Kegiatan jumat curhat ini tidak saja dilaksanakan di Polres tapi juga dilaksanakan oleh 7 polsek jajaran, tentunya dengan lokasi dan masyarakat yang berbeda"ungkap Wakapolres Belu.

"Dengan adanya kegiatan jumat curhat intinya bahwa kami ingin mendengar dalam bentuk curhatan. Silahkan saja sampaikan apa saja mungkin ada hal yang tidak nyampai di kami, mungkin ada hal yang harus kami perbaiki, ada hal kira-kira yang akan berguna bagi kami khususnya dalam kamtibmas, tolong Kami disampaikan guna perbaikan kinerja kami yang lebih baik dan bersama kita tetap menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif seperti sekarang ini"lanjut Wakapolres Belu.

Lurah Tulalamae pada kesempatan tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada Polres Belu dalam menjaga kamtibmas khususnya dengan adanya anggota Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan, yang dapat membantu setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Selain apresiasi dari Lurah Tulamalae, Wakapolres Belu juga mendapat masukan dari sejumlah undangan yang hadir. Salah satunya yakni tokoh masyarakat, Ambrosius Nena yang menyampaikan keluhan terkait masih adanya aksi kenakalan remaja berupa balapan liar yang meresahkan warga khususnya di malam hari.

Menanggapi apa yang disampaikan tokoh masyarakat, Wakapolres Belu berjanji akan meminimalisir dan mencegah permasalahan kenakalan remaja serta meminta peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya mencipatakan kamtibmas yang kondusif.

“Tentunya ada beberapa faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja diantaranya kurangnya perhatian orang tua, lingkungan sosial yang kurang baik, teman bergaul dan faktor ekonomi. Oleh sebab kami juga minta dukungan dari bapak ibu yang hadir disini karena tentu setiap permasalahan tidak bisa ditangani oleh aparat penegak hukum saja"ungkap Wakapolres Belu.

"Dan tentunya disini kami juga telah rutin melakukan patroli di wilayah yang sudah disebutkan sehingga kita bisa mencegah dan meminimalisir aksi balapan liar bahkan penegakan hukum pun sudah kita lakukan. Disini kembali lagi, semua pihak harus terlibat. Orang Tua, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan juga tokoh Masyarakat harus ikut menciptakan iklim yang baik di masyarakat sehingga generasi kita terhindar dari hal-hal yang demikian. "pungkas Wakapolres Belu.